HUT ke 49, Kota Solok Baralek Gadang

Solok, SuhaNews. Pemerintah Kota Solok menggelar Event Baralek Gadang, Minggu(15/12). Prosesi Baralek Gadang dalam rangka HUT Kota Solok ke-49 tahun ini melestarikan berbagai budaya khas Kota Solok.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit, Wali Kota Solok Zul Elfian, SH, M.Si, Reinier, ST, MM, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, SE, Unsur Forkopimda Kota Solok, niniak mamak dan bundo kanduang serta ratusan warga Kota Solok yang ikut memadati event Baralek Gadang ini.

Event yang terdiri atas pawai budaya dan makan baronjin ini diawali dengan ini menampilkan iring-iringan budaya khas Kota Solok dari tiga belas kelurahan. Tak ketinggalan budaya khas Kota Solok, melengkapi arak-arakan pawai yang sarat peragaan adat dan budaya khas Minangkabau seperti batagak penghulu, maituang ari, batagak rumah, batamek pidato adaik dan lainnya.

Pawai budaya mengawali event yang digagas oleh kota yang berjulukan “Kota Beras Serambi Madinah”, pawai tersebut dimulai dari Jl.Prof. M. Yamin depan Masjid Syura Pandan, Kemudian melewati Pasar Raya Kota Solok, Taman Syech Kukut dan berakhir di Simpang Denpal Kota Solok. Usai pawai, seluruh tamu dan mayarakat yang hadir disuguhkan dengan penampilan tari kolosal serta diakhiri dengan makan baronjin. pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota Solok sudah menyediakan makanan gratis bagi masyarakat Kota Solok.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. Nasrul Abit dalam sambutannya menekankan kepada pemerintah Kota Solok untuk selalu melakukan inovasi-inovasi terbaru guna memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kota Solok. “Kami Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat mengapresiasi kinerja Kota Solok yang selalu menyambet penghargaan-penghargaan bergengsi, Arak Bako tahun lalu contohnya yang berhasil meraih penghargaan”, ungkap Nasrul Abit.

Wali Kota Solok Zul Elfian SH, M.Si dalam sambutannya ungkapkan rasa syukurnya Kota Solok mencapai Hari Jadi ke-49. Disamping itu, Wali Kota Solok juga turut menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh kalangan adat, Bundo Kanduang, KAN, LKAAM yang saling berangkulan bersama seluruh elemen masyarakat. “ini merupakan momentum yang baik untuk introspeksi diri demi kemajuan dan kesejahteraan Kota Solok kedepannya” tutur Wako.

Ia berpesan untuk peringatan HUT Kota Solok yang ke-50 tahun depan dapat dijadikan momentum bagi Kota Solok dalam introspeksi kinerja dan kemajuan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah. “Masih banyak Budaya Kota Solok yang patut kita angkat dan diperlihatkan di dunia, jadi kita sebagai pemerintah harus sigap bagaimana melayani serta mengayomi masyarakat Kota Solok kedepannya”ucap Zul Elfian.

Masih dikesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kota Solok Drs. Nasrul Abit menyerahkan Piagam Warisan Budaya Tak Benda “Arak Bako” yang diterima langsung oleh Wali Kota Solok Zul Elfian, SH, M.Si.

Sumber : Humas Kota Solok

crew: Jamalis, Deni, Eryx, Suci, AK21

Facebook Comments

loading...