Ifkar: 1 Muharam Spirit Berhijrah untuk Pribadi Yang Lebih Baik

muharam
Lima Puluh Kota, SuhaNews – Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H di Kabupaten Lima Puluh Kota dipusatkan di Kecamatan Suliki tepatnya di Lapangan bola kaki Nagari Andiang.

Bertindak sebagai Pembina Apel, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, diwakili Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Ifkar.

Baca juga: Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H, Wawako Solok Ikut Pawai Obor

Dalam amanat Apel, Ifkar menyebut momentum peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H merupakan saatnya merefleksi diri.

Peringatan tahun baru Islam sejatinya adalah spirit berhijrah untuk pribadi dan umat yang lebih baik. Sebagai lembaga pemerintahan yang berkecimpung di bidang keagamaan, Kementerian Agama memiliki tanggung jawab besar untuk perubahan masyarakat yang lebih baik, masyarakat madani, beragama, taat, dan memiliki kepekaan untuk berubah bersama dan maju bersama.

“Apel peringatan 1 Muharam merupakan kegiatan tahunan yang sepatutnya mengiring kita menjadi insan yang lebih baik dari tahun ke tahun,” uar fkar.

Tahun Baru Islam, jelasnya, adalah momentum instropeksi diri dari tahun sebelumnya. Grafiknya harus meningkat. Dan spirit tahun baru Islam harus benar-benar teraplikasi dalam diri untuk menjadi lebih baik.

Hadis Rasulullah telah menyebutkan bahwa manusia yang beruntung adalah manusia yang lebih baik dari hari sebelumnya, jangankan berkurang, sama saja keadaan kita dengan hari kemarin sudah di cap merugi oleh Allah.

Ifkar: 1 Muharam Spirit Berhijrah untuk Pribadi Yang Lebih Baik 1

Selanjutnya Ifkar menyebut, kegiatan tahunan Apel  1 Muharam merupakan kegaiatan yang ditaja oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT).

Untuk itu Ifkar menghaturkan terima kasih kepada seluruh guru MDT dan LPQ yang telah menjadi garda terdepan dalam upaya pencerdasan generasi Islam. Ifkar menyebut guru MDTA dan LPQ telah mewakafkan diri untuk memastikan dari dini penanaman iman, islam, ibadah, dan akhlak di dada para santri.

BACA JUGA  Covid-19 Kabupaten Solok, 24 Terkonfirmasi: 18 Karantina Mandiri, 6 Dirawat di RSUD

“Kita mengapresiasi komitmen FKDT yang setiap tahun menyelenggarakan Apel 1 Muharam. Hanya saat pandemi Covid 19 saja kegiatan ini terhenti.

Kita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru MDT dan LPQ yang telah menjadi garda terdepan dalam mendidik dan menyiapkan generasi Islam di masa mendatang. Semoga agenda rutin ini bisa terlaksana setiap tahun hendaknya,” pungkas Ifkar.

Hadir pada Apel 1 Muharam tersebut Bupati Lima Puluh Kota, diwakili oleh Kabag Kesra,  Ketua DPRD, diwakili oleh Ketua Fraksi PKS, Camat Suliki, kepala KUA, Kapolsek Suliki, Babinsa Nagari Andiang, ketua FKDT, Wali Nagari dan Ketua Bamus Nagari Andiang, seluruh guru dan santri MDTA dan LPQ, serta undangan lainnya.

Usai pelaksanaan Apel, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemuncak pada kegiatan Pekan Olahraga Santri Diniyah (Porsadin) tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2022 beberapa waktu yang lalu. Penyerahan hadiah lomba oleh Bupati, DPRD, Camat, Kapolsek, Babinsa, dan tamu undangan lainnya. (Nina)

Baca juga: Gubernur Sumbar Himbau Kepala Daerah Tutup Tempat Wisata Ditahun Baru

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakTP PKK Tanah Datar Gandeng BAZNAS Bantu 469 Usaha Ekonomi Produktif
Artikulli tjetërWawako Zohirin dan Dirjen Perkeretaapian Tinjau Stasiun Sawahlunto