Implementasikan KUA Revitalisasi, KUA Mandiangin Koto Selayan Gelar Bimbingan Perkawinan

Bukittinggi, SuhaNews — Sebagai Implementasi Program KUA Revitalisasi yang dicanangkan semenjak tahun 2021 lalu, KUA Revitalisasi Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi melalui penghulu dan penyuluh yang sudah dibekali dalam Bimbingan Teknis Fasilitator memberikan Bimbingan Perkawinan terhadap 8 pasang calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan, Selasa (31/01).

Proses kegiatan ini dimulai dari pendaftaran pasangan catin melalui online, mengikuti validasi data setiap hari Senin, pemeriksaan persyaratan sekaligus pemeriksaan wali nikah . Setelah itu kegiatan ini dilanjutkan dengan memberikan Bimbingan Perkawinan oleh Fasilitator yang sudah mengikuti Bimbingan Teknis dengan masing-masing materi yang berbeda seperti menjalin Relasi Harmonis oleh Wandrizon, Moderasi Beragama Oleh Darul Aspani dan Fauzan Azim serta . Keuangan keluarga dan keluarga sakinah dan materi lainnya.

Baca juga: KUA Akabiluru Tandatangani Kontrak Kerjasama Menuju KUA Revitalisasi

Wandrizon (Penghulu KUA Revitalisasi Kecamatan Mandiangin Koto) selaku salah seorang Fasilitator menyampaikan. bahwa kegiatan bimbingan perkawinan ini dilakukan mengajak peserta untuk terlibat aktif mengikuti dan memahami materi bersama calon pasangannya masing-masing agar hubungan suami istri yang akan mereka bangun bisa terjalin dengan harmonis hingga terwujudnya Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah.

“Ke depannya kita akan laksanakan pembinaan keluarga sakinah yang tergabung dalam keluarga sakinah binaan kelurahan,” tuturnya.

Kepala KUA Revitalisasi Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Syarifuddin mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai implementasi dari program KUA Revitalisasi yang dicanangkan semenjak tahun 2021 oleh Kementerian Agama Republik dengan sumber daya manusia yang sudah mengikuti Bimtek sebagai fasilitator.

“Kagiatan ini dilakukan setelah Validasi data dan konseling penghulu terhadap catin setiap hari Selasa mulai jam 08.00 sampai 15.30. Tentu kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas calon pengantin dalam upaya meminimalisir perceraian khususnya di wilayah kecamatan Mandiangin koto Selayan Bukittinggi,” ujarnya.

BACA JUGA  Mobil Jenazah Tabrakan dengan Ertiga, Pengemudi Terluka

Kajan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi di sisi lain menyampaikan Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama.

“KUA merupakan ujung tombak layanan Kemenag yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Program revitalisasi KUA menjadi salah satu cara untuk peningkatan layanan dengan memperbaharui bangunan serta menyediaan alat pengolah data untuk mendukung pelaksanaan dan percepatan layanan publik yang sejalan dengan implementasi program prioritas transformasi digital,” tuturnya.

Selanjutnya kata H. Eri Iswandi sebagaimana arahan Menteri Agama selain peningkatan kualitas fisik, KUA Revitalisasi juga memperhatikan kualitas non-fisik mengarah pada peningkatan kapasitas kelembagaan, kompetensi sumberdayamanusia, dan kualitas tata kelola. “Revitalisasi KUA yang menjadi kebijakan strategis mengandung berbagai program prioritas antara lain transformasi digital, moderasi beragama, dan religiousity index. Bimbingan perkawinan ini merupakan salahkan satu implementasi revitalisasi KUA dengan narasumber merupakan fasilitator yang sudah diberikan bimbingan teknis sebelumnya,” jelasnya. (Syafrial)

Baca juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -