Indonesia Vs Singapura: Siapa Yang Melaju ke Final Piala AFF

indonesia
SuhaNesws – Leg kedua semifinal Piala AFF Indonesia vs Singapura akan tersaji Sabtu (25/12) ini. Pertandingannya kick off mulai pukul 19.30 WIB. laga ini menentukan nasib kedua tim, siapapun yang menang akan melaju ke babak final, yang kalah harus gigit jari untuk berlaga di partai final. 

Manajer Timnas Shin Tae-yong berharap tidak ada pihak yang dirugikan oleh keputusan kontroversial wasit. Sebab ini laga hidup mati menentukan nasib kedua tim. Keduanya masih punya peluang 50:50 untuk lolos ke babak final. IKarena pada leg pertama semifinal, keduanya bermain seri 1-1.

Baca juga: Thailand Cukur Vietnam 2-0 pada Leg Pertama Semifinal Piala AFF

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berharap Piala AFF ke depannya menggunakan teknologi VAR agar tidak rerjadi  keputusan wasit yang kontroversial seperti di semifinal leg pertama.

“Bukan kita saja, tapi secara keseluruhan Piala AFF, Apakah Piala AFF ini ingin ditingkatkan kualitasnya, harus ada VAR,” lanjutnya.

Di semifinal leg pertama, ada beberapa keputusan wasit yang dinilai kurang tepat. Beberapa di antaranya adalah insiden Ricky Kambuaya dijatuhkan di kotak penalti.

Insiden tersebut dapat dibilang jadi hal yang paling kontroversial dalam laga leg pertama Indonesia vs Singapura. Di menit ke-76, Ricky Kambuaya terlihat dijatuhkan lawan di kotak penalti tetapi wasit cuma memberikan freekick.

Keputusan itu bahkan membuat komentator pertandingan cukup kaget mengingat pelanggaran tampak cukup jelas berada di kotak penalti.

Hasil tayangan ulang juga memperlihatkan Nazrul Nazari menjatuhkan Ricky di dalam kotak penalti. Wajar jika kemudian muncul celotehan di media sosial bahwa situasi akan berbeda andaikata ada VAR di Piala AFF 2020.

Pada menit ke-35. Dia mengangkat kaki terlalu tinggi saat berduel dengan Song Ui-young.

BACA JUGA  Piala AFF 2020: Singapura Vs Indonesia, Shin Tae-yong: Singapura Diunggulkan

Akibatnya, kaki Arhan mengenai wajah dari Ui-young. Wasit yang memimpin pertandingan langsung memberikan kartu kuning kepada Arhan.

Komentator yang memandu pertandingan Singapura vs Indonesia dalam bahasa Inggris menyebut aksi Arhan itu sebagai ‘tekel yang terlambat’ dan ‘tekel yang buruk’. Menurutnya, Arhan beruntung tidak diusir wasit usai insiden itu.

“Para pemain sudah kerja keras, tapi dengan satu keputusan salah dari wasit itu membuat kualitas AFF menurun,” tutup Shin Tae-yong. (*)

Baca juga: Leg 1 Semifinal Piala AFF: Singapura Vs Indonesia Berakhir Imbang 1-1

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDilanda Angin Puting Beliung, Genius Umar Distribusikan Bantuan
Artikel berikutnyaDiskominfo Kota Pariaman Lakukan Bimtek Website Desa