Inilah Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok

Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok diwakili oleh Asisten l Drs. Syahrial, MM menghadiri Rapat Koordinasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Tahun 2024, Selasa, 24 September 2024 di Gedung Solok Nan Indah.

Acara I I juga dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Safrudin, S.Sos, M.Si., Kepala Disdukcapil, Ricky Carnova,S.STP, M.Si., Kepala OPD, Camat, Pimpinan Cabang Bank Nagari Solok, Pimpinan BPJS Tenaga Kerja, Pimpinan BPJS Kesehatan, Pimpinan Playground Nusa Indah Kota Solok, dan Wali Nagari.

Baca juga: Disdukcapil Kabupaten Solok Raih Anugerah Layanan Publik Terinovatif

Kepala Disdukcapil,  Ricky Carnova mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Kependudukan ini mengangkat dengan tema “dalam rangka mensukseskan Pilkada 2024 kita tuntaskan kepemilikan dokumen Kependudukan di kabupaten Solok.

“Saat ini banyak permasalahan terjadi di masyarakat terkait dokumen kependudukan ,  diantaranya penyelesaian perekaman KTP elektronik,  pencapaian akta kelahiran tepat waktu, dan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA),” ujar  Ricky Carnova.

Target yang harus direkap sampai akhir tahun 2024 ini, jelas Ricky Carnova,  sekitar 99,4% atau 294.289 jiwa.

Terkait dengan pencapain kelahiran tepat waktu, tambah Ricky Carnova, target sekitar 99 % atau sekitar 119.306 jiwa.

“Kita upayakan melalui beberapa inovasi, seperti inovasi Pak Alipur,” jelas Ricky Carnova.

Tahun 2023, papar Ricky Carnova, ada kerja sama dengan praktek layanan mandiri bidan (swasta).

Terkait dengan penerbitan KIA, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Lalu ada inovasi bernama TAKESI (Tuntas Akta Kelahiran dan KIA bagi Siswa Taman Kanak-Kanak). Ini adalah hasil kerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga melalui TK dan PAUD.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan tepat waktu, tambah Ricky Carnova, tahun 2022 ada inovasi Marawa (melayani akses dokumen dari rumah via wa). Masyarakat tidak perlu ke kantor Capil cukup melalui WhatsApp saja.

BACA JUGA  Masyarakat Jangan Takut Divaksin, Bupati dan Wabup Agam Jalani Vaksinasi Pertama

Masyarakat yang tidak mempunyai android dan belum paham menggunakan android, papar Ricky Carnova, ada Marawa Nagari.

“Hingga September 2024 ini,  sudah 9.339 dokumen yang dilahirkan melalui inovasi Marawa Nagari,” jelas Ricky Carnova.

Dinas Dukcapil juga sudah bekerjasama dengan PT Pos dengan inovasi bernama STEMPEL CAP POS, dengan biaya Rp10.000. Dokumen kependudukannya langsung diantar ke rumah.

“Hingga September 2024 ini sudah dikirimkan 235 paket,” kata Ricky Carnova.

“Sekarang juga ada launching Inovasi PREDIKSI (Pelaporan Rekaputasi Data Informasi Kependudukan Semester Ini),” ujar Ricky Carnova.

Bupati Solok diwakili Asisten l Drs. Syahrial, MM mengatakan jika kependudukan ini merupakan kewajiban bagi pemerintah untuk melayani masyarakat. Masyarakat mempunyai hak untuk dilayani dalam hal data dokumen kependudukan dimulai dari akta kelahiran, Kartu Identitas Anak, dan Akta Kematian.

“Selain rakor kependudukan juga akan dilaksanakan launching Inovasi PREDIKSI,” ujar Syahrial.

Bupati berharap data kependudukan semakin hari semakin valid dan akan di-update oleh operator setiap bulan.

“Setiap ada yang lahir maupun meninggal bisa di-update karena ini sangat berdampak bagi hak dan kewajiban masyarakat,” tambah Syahrial.

Inilah Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok 1Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan PKS  antara PLAYKIDS (Pemanfaatan Layanan KIa Dapat diSkon) terkait pemanfaatan kartu KIA dengan Disparbud dan juga dengan PLAYGROUND NUSA INDAH Kota Solok.

JALAN SUTERA (kerJasama LAyanaN dalam kaSUs kekerasan TERhadap Anak) terkait pemanfaatan kartu KIA dengan DPPKBP3A dan PKS Duta Sahabat Disdukcapil dengan DPPKBP3A.

Selanjutnya Bupati Solok memberikan penghargaan kepada Nagari dengan pelayanan Marawa Nagari terbaik  yang diterima oleh Candra Hermianto Pj Wali Nagari Paninggahan,  Dahri Pj Wali Nagari Alahan Panjang dan Muhammad Ali Pj Wali Nagari Surian.

Selanjutnya penghargaan atas Pelaporan Buku Pokok Pemakaman Nagari Terbaik yang diterima oleh Rahman Wali Nagari Singkarak dan Yuneldi Wali Nagari Aia Batumbuak. Wewe

BACA JUGA  Inovasi Mahasiswa Universitas Pertamina Kerek Produksi Listrik Panel Surya Sampai 3 Kali Lipat

Baca juga: Lakukan Penilaian, Ombudsman RI Visitasi Disdukcapil Kabupaten Solok

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -