Inovasi Pembelajaran, Guru IPA MTsN 2 Bukittinggi Buat Video Animasi

Inovasi Pembelajaran, Guru IPA MTsN 2 Bukittinggi Buat Video Animasi
Bukittinggi, SuhaNews. Beberapa tahun belakangan ini peserta didik mulai menampakkan kejenuhan dalam belajar IPA apalagi materi IPA banyak menggunakan istilah-istilah sains yang jarang didengar oleh telinga mereka.

Berbagai upaya sudah dilakukan agar peserta didik merasa senang dan paham dengan istilah-istilah baru ini, namun hanya sedikit peningkatan dari pertemuan-pertemuan sebelumnya. Hal ini di sampaikan Heru Meiyersi, S.Pd (Guru IPA di MTsN 2 Bukittinggi) kepada Inmas Senin, 16 Maret 2020.

“Sebuah kejadian saat saya bawa alat-alat pelajaran ke kelas seperti laptop dan proyektor selalu mereka bilang untuk nonton saja. Dan setelah materi pelajaran pada pertemuan tersebut selesai selalu hari itu berakhir dengan sebuah video motivasi dalam pembelajaran meskipun harus saya download dulu dari beberapa sumber di youtube. Dan lambat laun stok video motivasi belajar saya menipis. Jika video yang ditayangkan diakhir pembelajaran merupakan tayangan ulang mereka akan menolak dan meminta video terbaru. Saat itu terfikir untuk belajar membuat video pembelajaran hasil karya sendiri dan berisi tentang materi pelajaran dengan istilah-istilah sains,” tuturnya menjelaskan awal mula ide pembuatan Vidio Animasi Pembelajaran IPA.

Baca Juga : MTsN 2 Bukittinggi Gelar Bazar Kewirausahaan

Vidio Animasi Pembelajaran IPA bertujuan agar peserta didik lebih mudah memahami pelajaran pada akhir tahun 2019 seorang teman sesama mengajar di MTsN 2 Bukittinggi mengajak saya untuk belajar secara online dan full online tentang pelatihan-pelatihan berbasis digital.

Dengan memanfaatkan laptop dan android serta beberapa aplikasinya sebuah animasi pembelajaran melalui tokoh kartun tercipta dengan tujuan dapat meningkatkan daya tarik peserta didik dalam memahami istilah-istilah sains dalam pembelajaran IPA. Harapannya peserta didik dapat dengan mudah mengingat melalui tontonan seperti sebuah film. Belajar di kelas dapat dilaksanakan dengan santai dan tujuan belajar juga tercapai.

BACA JUGA  Warung di Depan MAN 2 Lima Kaum Terbakar Siap Magrib

Kepala MTsN 2 Bukittinggi Fakhri, S. Pd menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inovasi yang dilahirkan jajarannya.

“Mudah-mudahan dengan adanya inovasi penyajian pembelajaran dalam bentuk vidio animasi ini kita berharap para siswa di MTsN 2 ini bisa lebih antusias dan senang untuk mengikuti pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Kedepan kita berharap hendaknya hal ini bisa juga di ikuti guru mata pelajaran lainnya , karna siswa cendrung menyukai hal-hal yang sifatnya bercerita dalam vidio pada penyajian pembelajaran,” harapnya.

Sementara itu di sisi lain Ka. Kankemenag Bukittinggi H. Abrar Munanda sangat mengapresiasi berbagai inovasi yang dilahikan guru madrasah Kota Bukittinggi, salah satunya melalui Vidio Animasi Pembelajaran yang di buat oleh guru IPA pada MTsN 2 Bukittinggi.

“Alhamdulillah kembali lahir inovasi dari guru madrasah Kota Bukittinggi untuk menarik minat siswa dalam menguasai pembelajaran. Kita berharap dengan video Animasi pembelajaran yang berisi materi pembelajaran tersebut dapat membuat peserta didik lebih mudah untuk memahami pelajaran yang di sajikan sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Mudah-mudahan kedepan bisa lahir berbagai inovasi pembelajaran dari guru Madrasah Kota Bukittinggi,” tuturnya

reporter : Yal editor : Wewe

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...