Iraddatillah: Pemkab Sijunjung Prioritaskan Peningkatan IPM

Sijunjung, SuhaNews – Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah S.Pt membuka Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko bagi pelaku usaha se-Kabupaten Sijunjung, Selasa 17 Mei 2022. di Hotel Bukit Gadang Muaro Sijunjung. 

“Kegiatan yang kita laksanakan ini diharapkan dapat mendorong perbaikan perkembangan ekonomi masyarakat kita, khususnya pelaku UMKM,” harap H. Iraddatillah.

Baca juga: Tingkatkan SDM, Agam Jalin Kerjasama dengan Universitas Terbuka

Salah satu prioritas pemerintah daerah, jelas Iraddatillah, adalah meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) daerah dengan mengintervensi 3 sektor utama yaitu pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat.

Wabup menyampaikan bahwa kemudahan dalam perizinan berusaha juga sejalan dengan terbitnya UU Nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja beserta peraturan pelaksanaannya oleh pemerintah pusat. Kedepan tentu akan terbuka peluang munculnya pelaku usaha baru di Kabupaten Sijunjung.

“Kita berharap potensi yang ada di daerah dapat dimanfaatkan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat sesuai dengan keterampilan dan kemampuan yang dimilikinya,” harap Iraddatillah.

Salah satu manfaat dari UU Cipta Kerja ini, lanjut Wabup Radi, adalah kemudahan perizinan berusaha di daerah dan kemudahan, perlindungan serta pemberdayaan koperasi UMKM.

“Dengan adanya kemudahan perizinan berusaha ini, kami berharap para pelaku usaha termasuk koperasi koperasi dan UMKM di Kabupaten Sijunjung dapat mengurus izin usahanya dengan mudah,” harap Wabup Iraddatillah.

Wabup Iraddatillah menambahkan bahwa untuk membantu pelaku usaha dalam memenuhi ketentuan pelaksanaan dalan permodalan usaha dan peningkatan realisasi investasi, termasuk mendapatkan kemudahan berusaha di daerah.

“Pemerintah daerah melalui DPMPTSP memfasilitasi pelaku usaha untuk dapat berkolaborasi dengan pihak perbankan, baik Bank Syariah maupun Bank Konvensional,” tambah Wabup.

Kepala Dinas PMPTSP, Jaheri, M.Si melalui Kabid Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Ramli, SE menyebutkan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan capaian realisasi penanaman modal di Daerah dan meningkatnya kepatuhan pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usaha sesuai dengan peraturan perundang undangan.

BACA JUGA  Bupati Sijunjung Lepas Gerak Jalan Jantung Sehat Wisata

“Sosialisasi diikuti oleh 100 orang pelaku usaha se- Kabupaten Sijunjung,” jelas Ramli.

Narasumber pada sosialisasi ini, jelas Ramli, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa selaku Owner Citra Swalayan Group bersama Bank Syariah Indonesia (BSI), Heru Perdana Putra, dan Bank Rakyat Indonesia, Nanang Sumbara

Pada kegiatan sosialisasi itu juga diserahkan piagam penghargaan kepada PT. Kemilau Permata Sawit dan PT. Galatta Lestarindo atas peran aktifnya dalam menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) secara tepat waktu selama tahun 2021. (Noven/Andri)

Baca juga: Kepala BDK Padang; Pentingnya SDM Guru Madrasah

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -