Kepala BDK Padang; Pentingnya SDM Guru Madrasah

Kepala BDK Padang; Pentingnya SDM Guru Madrasah
Sarilamak, SuhaNews – Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang H. Khoirul Amani, MA, hadir sebagai narasumber hari ke tiga pada kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (9/20)
Pada kesempatan itu, Khoirul di hadapan 30 orang guru menyampaikan materi tentang Sistem Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama. Dalam materi yang disampaikan, Khoirul menegaskan bahwa guru jangan kalah dari peserta didik.

“Guru jangan sampai kalah oleh siswa. Dengan tekhnologi dan zaman serba digital, siswa akan semakin pintar. Ini menjadi tantangan bagi seorang guru. Dan jika seorang guru tidak kreatif, tidak Inovatif, tidak Up To Date, serta tidak meningkatkan SDM, maka guru akan kalah dari siswa”, papar Khoirul.

Selanjutnya Kepala BDK Padang ini mengatakan, bahwa seorang guru harus cepat dalam berfikir. Sebelum menjawab dan menganalisa sebuah pertanyaan, maka gerbang otak harus terlebih dahulu di buka. Artinya, seorang guru harus berfikir lebih ekstra.

Dengan penggambaran kepada sebuah gawai, Khoirul mengatakan, bahwa gawai dengan berbagai spesifikasi, berbagai tipe, dan berbagai kelebihan lainnya, tentu akan memberi kemudahan bagi seorang guru. Namun apa yang menjadi isi kandungan Gawai, setidaknya akan menunjukan kualitas seorang guru. Sebuah penggambaran realita, namun disambut tawa oleh peserta.

“Maka sebagai guru, teruslah meningkatkan Sumber Daya Manusia, karena ke depan tantangan sebagai seorang guru semakin berat. Pesatnya tekhnologi harus diikuti agar kita tidak ketinggalan,” pungkas Khoirul.

Sebagai Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, tak lupa Khoirul menyinggung tentang Moderasi Beragama. Moderasi Bergama sebagai program pemerintah melalui Kementerian Agama adalah program yang harus digaungkan oleh seluruh insan Kementerian Agama.

BACA JUGA  Wali Nagari Tanjung Balik Bangun Sinergi Dengan Madrasah

Khoirul juga menjelaskan kewenangan Balai Diklat Keagamaan Padang. Dalam paparanya Khoirul menjelaskan bahwa Balai Diklat Keagamaan Padang adalah lembaga yang memberikan pelatihan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN). Baik PNS maupun Non PNS yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Khoirul menambahkan bahwa sebuah kegiatan pelatihan akan diselenggarakan oleh BDK Padang jika durasi JPLnya pada rentang 41 JPL ke atas. Jika kurang dari 41 JPL maka pejabat yang berwenang boleh melaksanakan pelatihan di daerah masing-masing. Nina|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakAmbulan Puskesmas Sungai Lasi Kecelakaan, Pulang Vaksinasi Siswa di SDN 07 Koto Laweh
Artikulli tjetërBPJS untuk Imam, Gharin dan Guru TPQ Ditanggung Pemko