IWAPI Sawahlunto Siap Bantu UMKM Mendaftar Masuk E-Katalog

siap
Sawahlunto, SuhaNews – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Sawahlunto siap membantu UMKM untuk bergabung pada pengadaan barang/jasa milik pemerintah dengan mendaftarkan diri pada e-katalog.

“Kita sedang menyusun program kerja. Salah satu prioritas itu adalah mendukung UMKM khususnya yang dikelola perempuan untuk terdaftar pada e-katalog,” ujar Ketua DPC IWAPI Kota Sawahlunto Ny. Neldaswenty Zohirin, Senin 29 Agustus 2022, di Hall Ombilin.

Baca juga: Pengurus IWAPI Kota Pariaman Dikukuhkan oleh Wako Genius Umar

Langkah pertama yang dilakukan DPC IWAPI Kota Sawahlunto dengan melaksanakan update (pembaruan) pendataan UMKM. Jika data sudah komplit, IWAPI akan bisa memberikan dukungan dan memberikan solusi yang bisa ditawarkan.

“Potensi UMKM yang dikelola oleh perempuan di Sawahlunto cukup besar, maka IWAPI ikut berkontribusi memberdayakan UMKM tersebut,” jelas Ny. Neldaswenty Zohirin, yang baru saja dikukuhka sebagai Ketua IWAPI.

IWAPI siap berperan dari sejumlah aspek, termasuk juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola UMKM yang bisa digarap dengan menjembatani mereka mengikuti pelatihan-pelatihan.

Baca juga: Keynote Speaker, Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital

“IWAPI siap membantu meningkatkan sinergi antar UMKM sehingga menciptakan kekuatan dalam berusaha,” kata Neldaswenti.

Neldaswenti menyebut dalam upaya menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi, IWAPI juga merancang bagaimana perempuan pengelola UMKM bisa mengenal dan menguasai pemasaran secara online, baik online shop atau media sosial.

N”Kepengurusan DPC IWAPI Sawahlunto sekarang berjumlah 40 orang anggota, ditargetkan bisa mencapai 100 orang anggota yang bergabung,” jelas Neldaswenti.

Ketua DPD IWAPI Sumbar Eti Nurhayati yang mengukuhkan kepengurusan DPC IWAPI Kota Sawahlunto menyampaikan selamat dan berpesan agar jajaran IWAPI Sawahlunto bisa menjaga semangat dan kebersamaan.

BACA JUGA  Sawahlunto Masukkan Tenaga Keagamaan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

“Ada tiga tema yang menjadi pilar IWAPI yaitu kolaborasi, inovasi dan digital. Saya mengajak para pengurus dan anggota agar pilar-pilar ini dipahami betul dan dapat diterapkan ke dalam program kerja,” kata Eti Nurhayati.

Sementara Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi dan menilai IWAPI sebagai mitra strategis Pemko Sawahlunto dalam mendukung dan memberdayakan UMKM.

“Sesuai misi Pemko Sawahlunto, kita berpihak dan memberikan perhatian pada ekonomi produktif yang digerakkan masyarakat,” jelas Deri Asta

Saat ini, sudah banyak perempuan Sawahlunto yang berperan aktif dalam UMKM. Pemk berkomitmen untuk mendukung IWAPI sebagai mitra. (Wewe)

Baca juga: Wawako Solok Buka Bersama GOW, Persit, Bhayangkari, IwapiI, IBI, PPNI, dan IDI

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakJalin Kerjasama, Bupati Sijunjung Kunjungi Universitas Imelda Medan
Artikulli tjetërKemenag Padang Panjang Tindaklanjuti Informasi Biro Kepegawaian Kemenag RI