Jamaah Naqsabandiyah di Padang Rayakan Idul Adha Kamis 30 Juli

jamaah
Padang, SuhaNews. Jamaah Naqsabandiyah melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur, Kelurahan Binuang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Kamis (30/7).
Pelaksanaan salat Idul Adha dimulai sekira pukul 08.00 WIB. Sementara itu, jamaah mulai datang sejak pukul 07.00 WIB dan langsung mengumandangkan takbir, tahlil, tahmid bersama

Ada lebih kurang seratus jemaah Tarekat Naqsabandiyah, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun tua, yang mengerjakan Salat Idul Adha di Musala Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang tutur sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Erizon Refindo.

“Dasar perhitungan idul Adha ini jelas Erizon berpedoman kepada kalender hisab rukyat, kapan kita melaksanakan awal 1 Ramadan maka 10 Dzulhijjah akan jatuh pada hari yang sama.sebelumnya kami memulai awal Ramadan pada hari Kamis, maka Kamis juga hari raya idul adha ,” katanya usai salat idul adha.

Pada bulan Rajab, kita sudah lihat bulan sambungnya,Lalu kita tentukan terlebih dahulu nishfu sya’ban atau lima belas hari bulan Sya’ban. Kemudian, kita hitung, kita adakan rapat di Surau Baru, baru ditetapkan,” jelasnya lagi

Erizon menyebutkan, untuk jamaah didominasi dari Kota Padang terutama sekitar Kecamatan Pauh, namun juga ada dari Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok.

Erizon melanjutkan, untuk kurban kali ini, pihaknya memotong tiga ekor sapi. “Sebagaimana biasanya dagingnya akan dibagikan kepada jamaah dan masyarakat sekitar,” tuturnya.

selain di Mushala Baitul Makmur, jelas Erizon pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban oleh Jemaah Tarekat Naqsabandiyah juga dilaksanakan di Surau Baru yang berjarak sekitar 200 meter dari Musala Baitul Makmur tuturnya.

reporter : Dedi editor : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...