Jean-Pierre Adams, Mantan Bek Timnas Prancis Meninggal Usai Koma 39 Tahun

jean
SuhaNews – Karena kesalahan tindakan operasi, Jean-Pierre Adams, mantan bek tim nasional Prancis dan eks pemain Nice dan Paris Saint-Germain sempat koma 39 tahun, dan pada Senin (6/9/2021) meninggal dunia. 

Pria berdarah Senegal itu meninggal di usia 73 tahun. Jean-Pierre Adams punya 22 caps bersama Les Bleus, juga mengukir lebih dari 140 penampilan bareng Nice dan PSG.

Petaka untuk Adams dimulai ketika ia ke rumah sakit di Lyon untuk menjalani operasi lutut pada Maret 1982 silam. Sejak saat itu ia tak sadarkan diri hingga meninggal pada kemarin.

Baca juga: Tembus 16 Besar, Portugal Vs Prancis 2-2, Ronaldo dan Benzema Jadi Bintang

Paris Saint-Germain hari Senin 6 September ini, kehilangan salah satu mantan pemainnya yang besar. Bek Rouge et Bleu dan tim nasional Prancis, Jean-Pierre Adams, mengenakan seragam Parisien dari 1977-1979,” ungkap pernyataan resmi PSG.

BBC melaporkan bahwa ada kesalahan saat dokter hendak melakukan operasi untuk memulihkan tendon di lututnya. Operasi itu sebenarnya tak terlalu krusial, tapi entah bagaimana tetap digelar.

Padahal saat itu banyak staf kesehatan di Lyon sedang mogok kerja. Alhasil kala itu Adams ditangani dokter anestesi yang juga mengawasi tujuh pasien lainnya, dengan bantuan seorang koas.

Nah, rupanya terjadi sejumlah kesalahan dalam penanganan antara dokter anestesi dan koas tersebut. Adams kekurangan oksigen lalu mengalami henti jantung dan kerusakan otak.

Sejak saat itulah Jean-Pierre Adams koma. Dokter koas yang ikut menanganinya belakangan mengungkapkan kalau ia tak melakukan tugasnya dengan cukup baik.

Tapi baru di pertengahan 1990-an, dokter anestesi dan dokter koas tersebut dihukum. Mereka dijatuhi hukuman percobaan selama satu bulan dan denda 750 euro, atau sekitar Rp 12,6 juta dengan kurs saat ini. (*)

BACA JUGA  Paris Saint Germain Berharap Raih Trofi Liga Champions Bersama Lionel Messi

Baca juga: Grup F Euro 2020: Prancis Tekuk Jerman 1-0 Lewat Gol Bunuh Diri

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaLagi, Pasien Covid-19 Kabupaten Solok Dirawat Meninggal Dunia
Artikel berikutnyaBupati Solok Gelar Temu Ramah dengan Masyarakat Gantung Ciri