Jelang Keberangkatan, 140 CJH Lima Puluh Kota Ikuti Manasik di Kemenag

Jelang Keberangkatan, 140 CJH Lima Puluh Kota Ikuti Manasik di Kemenag
SuhaNews – Jelang keberangkatan menuju tanah suci pada Juni 2022 nanti, 140 calon jamaah haji (CJH) kabupaten Lima Puluh Kota mengikuti manasik yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag melalui seksi Penyelenggara Haji dan Umrah.

Sebanyak 140 orang JCH asal Kabupaten Lima Puluh Kota, terdiri dari 131 orang berhak lunas, ditambah sepuluh orang cadangan, dan mengundurkan diri satu orang, maka total JCH yang berangkat berjumlah 140 orang.

Hal ini djelaskan oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Zakaria saat menggelar rapat bersama Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (18/5) di Aula VIP kantor setempat.

Mewakili kepala kantor, H. Zakaria, dalam paparannya menyebutkan, bahwa meski pelaksanaan pemberangkatan JCH tahun ini terkesan tergesa-gesa, namun ini sesuai dengan keputusan Pemerintah Arab Saudi. Memang keputusan ini dirasa terlambat dari yang seharusnya. Namun Zakaria menegaskan keputusan Pemerintah Arab Saudi membutuhkan analisa yang panjang dan penuh pertimbangan. Hal ini dikarenakan Virus Covid 19 yang sedang melanda berbagai negara.

“Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah berupaya maksimal untuk pelayanan haji terbaik dan JCH yang akan berangkat sesuai quota, dapat diberangkatkan tanpa ada kendala. Doa dan dukungan kita semua sangat kami harapkan,” ujar Zakaria.

jelang 

Dalam upaya memaksimalkan persiapan keberangkatan JCH, rapat yang digelar bersama Kepala KUA Kecamatan membahas persiapan Pelaksanaan Manasik bagi JCH yang akan berangkat. Zakaria menyebut, Manasik yang diadakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, ditambah dengan manasik yang di handle oleh KUA Kecamatan harus segera dimatangkan. Intensitas koordinasi KUA dan Kementerian Agama melalui seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah harus ditingkatkan, agar informasi kepada jamaah haji yang akan berangkat bisa sampai dengan cepat.

BACA JUGA  Gantung Ciri Buncah, 3 Ekor Harimau, Hadang Enam Warga

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Irwan, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menyatakan siap mensukseskan pemberangkatan JCH Tahun 2022. Komitmen bersama yang harus didukung oleh seluruh ASN. Irwan mengatakan, peran serta KUA Kecamatan sangat menetukan kesuksesan dalam memberangkatkan jamaah tahun ini.

“KUA sebagai perpanjangan tangan Kementerian Agama harus turut andil agar JCH puas dengan layanan yang kita berikan. Di sampng itu, manasik yang telah dijadwalkan semoga berjalan lancar dan mampu menambah pemahaman JCH dalam melaksanakan ibadah haji nantinya. Terkait koordinasi kita dengan Pemerintah Daerah, kita sudah melakukannya. Pemerintah Daerah menyatakan dukungan penuh dalam mensukseskan keberangkatan jamaah,” jelas Irwan.

Saat ini Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah memang lebih ekstra dan harus bergerak cepat. Keberagkatan JCH yang hanya menghitung hari harus dimaksimalkan persiapan keberangkatannya dengan mengadakan manasik sebagai upaya agar jamaah memilki kematangan ilmu dalam pelaksanaan ibadah haji nanti, sehingga waktu yang terpakai selama pelaksanaan ibadah haji dapat menjadi waktu yang berkualitas untuk meningkatkan ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT. Nina

Berita Terkait :

jelang jelang jelang jelang 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakTengah Menghisap Sabu, Laki Bini Ditangkap Polisi
Artikulli tjetërHendri Septa Lantik 80 Pejabat Struktural Eselon IV, III dan II