Jorong Batu Palano Selayo Hidupkan Silek di Masjid

jorong
Selayo, SuhaNews — Hidupkan kembali Silek di masjid, Jorong Batu Palano, Nagari Selayo Kecamatan Kubung Kabupaten Solok gelar silaturahmi silek dan eerah terima murid silek dari orang tua kepada guru.
Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Nagari Selayo, BPN, pesatuan guru Silek Nagari, orang tua murid dan masyarakat Jorong Batu Palano di Masjid Jihad Parak Gadang Nagari Selayo, Sabtu malam (23/10).

jorong

Kegiatan ini di mulai dengan prosesi bantai ayam yang diikuti oleh calon murid Silek yang di antarkan langsung oleh orang tua dengan membawa seluruh persyaratan untuk bisa di Terima sebagai murid silek , Usai ayam para peserta di semblih oleh guru, semua ayam langsung di olah oleh orang tua masing-masing secara bergotong royong .

Pada malam silaturahmi dan serah Terima murid ini di buka dengan pidato adat , ayam yang di semblih dimakan secara bersama dengan para guru dan orang tua murid, usai makan bersama , guru membaiat anak-anak yang telah mencukupi persyaratan dengan membaca dua kalimat syahadat, sholawat dan di tutup Dengan surat Al-Fatihah , ini adalah salah satu pertanda murid sudah di Terima .

Angku peri selaku guru yang ditua kan dalam arahannya menyampaikan apa itu arti dari silek, beliau menjelaskan Silek merupakan arti dari silaturahmi, dalam silek hal utama yang harus di miliki adalah sifat sabar , jika tidak sabar maka belum tentu nanti bisa menguasai silek .

Angku menjelaskan untuk materi dasar akan dimulai dari mengajarkan budi kepada anak-anak , dari cara bersalaman, sikap terhadap guru, sikap terhadap orang lebih tua, sikap terhadap orang yang lebih kecil , olah kesabaran dan olah fisik, semua itu harus di lalui oleh murid silek.

BACA JUGA  Positif Covid-19 Sumbar Bertambah 13 Orang, Dua dari 50 Kota

Penutup pembicaraan angku peri sangat berterimakasih kepada kepala Jorong yang telah menfasilitasi kegiatan ini terutama sekali kepada para orangtua yang telah mendorong dan memberikan semangat kepada anak-anak untuk belajar silat dan mempertahankan kekayaan budaya di tengah pengaruh dunia digital sangat memprihatinkan untuk generasi penerus.

jorong

Wali Nagari Selayo Ronal Regen menyampaikan apresiasi kepada Kepala Jorong dan Masyarakat Jorong batu palano yang telah sukses mewujudkan program Nagari untuk mempertahankan kesenian anak Nagari .

” Selaku Wali Nagari sepenuhnya saya mendukung program-program untuk kemajuan generasi , apa lagi untuk agama dan budaya kita di Minangkabau ” Jelas Ronal

Dalam sambutannya Wali Nagari Selayo Ronaldo Regen juga menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan prioritas Nagari, secara materil untuk tahun ini Nagari belum menganggarkan untuk biaya operasional kegiatan -kegiatan pembinaan, insyallah untuk tahun 2022 akan di anggarkan untuk kegiatan seperti sekarang inj, namun menjelang itu kami dari pemerintahan Nagari akan mengupayakan untuk memberikan bantuan,” tutup Ronal.

Berita terkait:

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaLiga Inggris: Chelsea Cukur Norwich 7-0, Mount Hat-trick
Artikel berikutnyaKota Sawahlunto Sukses Melaksanakan Giat Prestasi Pramuka Daerah se-Sumbar