Program Rumah Tahfidz Pemko Sawahlunto Dilirik Kabupaten 50 Kota

Kabupaten 50 Kota Lirik Program Rumah Tahfidz Pemko Sawahlunto
SuhaNews– Program Rumah Tahfidz Quran (RTQ) Pemko Sawahlunto rupanya mendapat perhatian dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumbar. Buktinya, Wakil Bupati Kabupaten 50 Kota, Riski Kurniawan Nakasari, bersama jajaran Dinas terkait melakukan kunjungan ke Sawahlunto untuk mempelajari program Rumah Tahfidz Quran tersebut, pada Jum’at 02 Juli 2021 lalu.

“Kami telah mendengar di Sawahlunto ini, program – program keagamaan seperti rumah tahfidz, pembayaran insentif guru TPQ , imam masjid, muazim, gharim masjid dan lainnya itu berjalan baik dan berhasil. Karena itu, kami datang untuk melihat dan berdiskusi langsung dengan jajaran Pemko Sawahlunto,” kata Wabup Riski Kurniawan Nakasari.

Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, yang menerima kunjungan Wabup 50 Kota, Riski Kurniawan Nakasari bersama jajaran itu, menyebutkan bahwa program keagamaan yang dijalankan Pemko Sawahlunto didasarkan pada misi Pemko Sawahlunto, yakni ; menciptakan kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik.

“Misi ini kami terjemahkan dalam berbagai program/kegiatan, antara lain ; Rumah Tahfidz Quran, TPQ/TPSQ, didikan subuh, konsultasi agama, pelatihan guru tahfidz untuk guru SD dan SMP, dan lain – lain,” kata Wawako Zohirin Sayuti.

Wawako Zohirin Sayuti menjelaskan, saat ini di Sawahlunto guru TPQ/TPA/TPSQ berjumlah 454 orang, guru tahfidz berjumlah 35 orang, imam masjid berjumlah 23 orang, muadzin berjumlah 23 orang, gharim masjid berjumlah 86 orang, penyelenggara jenazah berjumlah 25 orang dan konsultan agama berjumlah 8 orang.

“Untuk memotivasi dan membantu meningkatkan pendapatan mereka yang telah membantu Pemko dalam bidang agama ini, kami menganggarkan insentif. Adapun besarannya yakni ; guru TPQ/TPA/TPSQ sebesar Rp. 500 ribu/bulan, guru tahfidz sebesar Rp. 1.500.000,-/bulan, imam masjid sebesar Rp. 1.250.000,-/bulan, muadzin sebesar Rp. 750 ribu/bulan, gharim masjid sebesar Rp. 500 ribu/bulan, penyelenggara jenazah sebesar Rp. 500 ribu/bulan, dan konsultan agama sebesar Rp. 1.700.000,-/bulan,” kata Wawako Zohirin Sayuti.

BACA JUGA  Solok dan 3 Kota di Sumbar Kena Pengetatan PPKM Mikro

Kemudian, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril, menyampaikan bahwa tahun 2021 ini, sejumlah 156 orang pelajar SD kelas VI telah lulus hafiz Quran 1 juz. Sementara, pelajar SMP kelas IX yang telah lulus hafiz Quran 2 juz adalah 25 orang. Rel

Berita terkait:

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKasus Narkoba Tinggi, Kapolres Tanah Datar: Perlu Peran Semua Pihak Memeranginya
Artikel berikutnyaPemprov Sumbar Butuh Wartawan dan Media Membantu Dorong Majukan Pembangunan Daerah