Kabupaten Solok Gelar Rakor Penanganan Konflik Sosial

kabupaten
Arosuka, SuhaNews – Kabupaten Solok menggelar rapat koordinasi (rakor) kewaspadaan dini dan penanganan konflik sosial di daerah, Selasa, 26 Juni 2022 di di Gedung Solok Nan Indah, Arosuka.

Rakor ini dihadiri oleh Bupati Solok diwakili Asisten II Drs. Syahrial, MM., Kapolresta Solok Ahmad Fadillah, Forkopimda, Kepala Badan Kesbangpol Agus Rostamda, Camat se-Kabupaten Solok dan Forkompimcam.

Baca juga: Bupati Benny Dwifa Yuswir Buka Acara Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Sijunjung

Asisten II Syahrial mengatakan bahwa konflik terjadi karena sikap tidak saling menghargai. Karena itu perlu adanya komunikasi dan silaturahmi yang baik di antara sesana.

“Saya mohon kerjasama jajaran Forkopimda sehingga senantiasa melakukan pencegahan dan penanggulangan Konflik Sosial di Kabupaten Solok,” ujar Syahrial.

Kapolresta Solok Ahmad Fadillah mengatakan bahwa tugas untuk mencegah konflik sosial dan kerukunan merupakan tugas bersama, tidak hanya peran dari aparat penegak hukum juga dibutuhkan peran serta masyarakat.

“Dari evaluasi yang telah kita lakukan didapatkan ada dua faktor penyebab konflik sosial yaitu dalam hal sosial budaya dan sengketa tanah yang terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Solok,” ujar Ahmad Fadillah.

Langkah dalam menengahi konflik sosial ini, jelas Kapolres, dengan melakukan mediasi Pores menyediakan jalur komunikasi agar persoalan dapat diselesaikan secara damai.

Semenetara Mayor Inf Hendra Bagus Arioko mewakili Dandim 0309 Solok mengatakan konflik dapat terjadi karena adanya pertentangan atau perbedaan pendapat antara beberapa pihak.

“Konflik timbul karena ketidakseimbangan antara hubungan sosial, seperti status sosial, ketidaksetaraan kemakmuran dan akses yang tidak seimbang, dan masalah diskriminasi,” jelas Mayor Inf Hendra Bagus Arioko.

Kasat Intel Polres Arosuka AKBP M. Firdaus mewakili Kapolres Arosuka menjelaskan bahwa enanganan konflik sosial bertujuan untuk menciptakan keamanan dalam lingkungan bermasyarakat.

BACA JUGA  Siswi MAN 2 Bukittinggi Raih Juara Cabang Poster Olimpiade Matematika UNRI

“Konflik sosial antarmasyarakat dapat dihindari dengan adanya sikap saling toleransi dan menghargai di tengah kehidupan bermasyarakat,” ujar AKBP M. Firdaus. (Wewe)

Baca juga: KPK Sosialiasikan Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi di DPRD Kab Solok

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPemko Gratis Naik Trans Padang Saat Ultah ke-353
Artikulli tjetërWali Kota Padang Hendri Septa Buka MTQN ke-40