Kabupaten Solok Jemput Vaksin Covid-19 ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar

jem
vaksin covid-19 untuk Kabupaten Solok
Arosuka, SuhaNews – Dinas Kesehatan Kabupaten Solok jemput vaksin Covid-19 ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Jumat (29/1).

Penjemputan ini didampingi Kepala Balai Besar POM Padang  Firdaus Umar, Kadis Kesehatan diwakili Kabid P2P drg. Aida Herlina, Kasi Survalance, Bencana dan Imunisasi Marjohan, Kepala Instalasi Farmasi Kabupaten Zulfanardi.

Kepala Balai Besar POM  Firdaus Umar mengatakan bahwa pihaknya  melakukan pengawalan dalam rangka pendistribusian dan penyimpanan vaksinasi covid-19 di kab. Solok.

“Pendistribusian dan penyimpanan vaksin covid-19 berada pada suhu 2-8 derjat celcius dan untuk pendistribusian dan penyimpanan vaksin covid-19 untuk Kabupaten Solok sudah terjaga pada suhu 2-8 derjat celcius,” jelas Firdaus Umar.

Sementara Kabid P2P Aida Herlina menjelaskan bahwa penjemputan, penyimpanan dan pendistribusian vaksinasi covid-19 mulai dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar sampai ke seluruh puskesmas dilaksanakan oleh Dinkes dan instalasi farmasi Kabupaten Solok dan akan dilaksanakan pengawalan oleh TNI dari kodim 0309 Solok dan Polres Solok Arosuka.

Vaksin covid-19 diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar sebanyak 2640 dosis,” jelas Aida Herlina.

Vaksin ini akan disimpan di gudang farmasi Kabupaten Solok mulai Jumat, 29 januari 2021 sampai dengan hari Senin 01 februari 2021 dan dilakukan pengawalan oleh personil dari Polres Solok Aosuka.

“Seluruh Puskesmas akan melaksanakan penjemputan vaksin covid-19 ke gudang farmasi pada Senin, 1 februari 2021,” jelas Aida Herlina.

Pencanangan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Solok, tambah Aida Herlina, akan dilaksanakan pada Senin, 1 februari 2021 di RSUD Arosuka. Kegiatan akan dibuka oleh Bupati Solok. Vaksinasi covid-19 awal akan diberikan kepada 10 orang pejabat esensial/Forkopimda,” tambah Aida Herlina.

jemSelanjutnya, jelas Aida Herlina, Vaksinasi covid-19 ditujukan kepada tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan, tenaga kesehatan RSUD Arosuka, tenaga kesehatan pada 19 puskesmas, tenaga kesehatan IFK dan tenaga kesehatan Lab. Kesda kab. Solok yang akan dilaksanakan serentak pada Selasa, 2 februari 2021.

BACA JUGA  Banjarbaru Berduka, Positif COVID-19, Wali Kota Meninggal Dunia

Logistik vaksinasi yang dibawa dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar terdiri atas vaksin coronavac berjumlah 2640 dosis, Auto Disposible Syringe ( ADS ) 0,5 ml berjumlah 2640 pcs, alkohol swab sebanyak 2640 pcs,  APD lengkap berjumlah 1490 set ( 4 item ) dan safety box 27 pcs.

“Vaksinasi akan dilaksanakan 2 kali dengan rentang waktu 14 hari setelah vaksin pertama dengan dosis 0,5 ml,” tutup Aida Herlina. (Wewe)

Baca juga:

Facebook Comments

loading...