Kakan Kemenag Apresiasi Program Keagamaan Wali Nagari Talang Babungo

Kakan Kemenag Apresiasi Program Keagamaan Wali Nagari Talang Babungo
Solok, SuhaNews – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang diwakili Kasubbag Tata Usaha H. Fuadi Nawawi mengapresiasi program keagamaan yang digagas oleh Wali Nagari Talang Babungo Hafizur Rahman.

Apresiasi ini disampaikan dalam acara Pembinaan SDM Pondok Tahfiz se nagari Talang Babungo yang berlangsung di pondok Tahfizh Hasanah, Senin (20/6).

PLT Camat Hiliran Gumanti Fahrizal yang membuka acara ini mengucapkan terima kasih pada Wali Nagari Talang Babaungo yang telah menganggas upaya peningkatan SDM Guru Tahfizh dengan memberikan pelatihan ini. Harapannya ke depan pondok tahfiz yang ada di Talang Babungo mampu melahirkan santri yang hafal Al Qur’an sekaligus berprestasi yang menghanrumkan nama nagari dan kecamatan Hiliran Gumanti.

Sementara itu H. Fuadi Nawawi selaku Kakan Kemenag menyampaikan bahwa pelatihan yang bertujuan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) para guru ini mampu mewujudkan program jangka menengah, Talang Babungo sebagainagari pencetak hafizd dan Hafizah terbanyak pada tahun 2024.

“Guru Tahfiz perlu membeli diri dengan kemampuan mendidik, kompetensi keilmuan, kemampuan membaca, menghafal, memahami dan mengamalkan Al Qur’an dan mampu menjadi contoh yang baik, mampu bersosialisasi dengan lingkungan dengan baik,” pesan H. Fuadi.

Ditambahkannya, apa yang digagas oleh Wali Nagari ini sejalan dengan program Kementerian Agama Sumatera Barat yang tengah menggalakkan kembali ke surau lewat PROKES (program revitalisasi khazanah bersurau), yang salah satu dari lima programnya adalah Dambaan Hatiqu (Demam Baca, Hafal dan Tulis Qur’an).

Selain itu ada program Penamas (penyuluh nampak di masjid), Gamis (Giat Anak Milenial di Surau), Dambaan Hatiqu (Demam Baca, Hafal dan Tulis Qur’an), Sihaji Pantas (Manasik Haji Sepanjang Tahun di Surau), dan Bina Cantik (pembinaan calon pengantin dan konsultasi keluarga).

BACA JUGA  BPS Canangkan WBK-WBBM, Bupati Solok: Berikan Data Yang Benar

“Kita berharap masyarakat Talang Babungo melalui pemerintah nagari yang dipimpin bapak Hafizur Rahman turut menyukseskan program yang pada intinya menghidupkan adat basandi syara’ dan syara’ basandi kitabullah ditengah masyarakat,” harap H. Fuadi.

Menutup sambutannya H. Fuadi berharap kegiatan ini turut memajukan pendidikan agama khususnya membaca dan menghafal Al Qur’an di nagari Talang Babungo berkat dukungan semua pihak, baik masyarakat maupun berbagai unsur di pemerintahan.

Kakan Kemenag Apresiasi Program Keagamaan Wali Nagari Talang Babungo 1

Ikut menghadiri pembukaan kegiatan ini Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesanren Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang diwakili Mansur Wahid, Kepala KUA Kecamatan Hiliran Gumanti Yon Putra, Ketua BPN dan Ketua LPMN Talang Babungo. Fendi

Berita Terkait :

apresiasi apresiasi apresiasi apresiasi apresiasi apresiasi 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPesisir Selatan Gelar Jambore Kader PKK
Artikulli tjetërPasar Tanah Kongsi Dinilai Tim Provinsi Wako Hendri Septa; Pasar Bersih Nyaman Dikunjungi