Wisuda Tahfizh SDN 03 Tanjung Balik, Siswa 7 Tahun Hafal 2 Juz

Wisuda Tahfizh SDN 03 Tanjung Balik, Siswa 7 Tahun Hafal 2 Juz
Tj. Balik, SuhaNews – Menutup tahun pelajaran 2021/2022, SDN 03 Tanjung Balik Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok menggelar wisuda tahfiz yang sekaligus perpisahan siswa kelas VI, Senin (13/6).

Wisuda kali ini diikuti oleh 18 siswa, satu peserta yang mengagumkan bernama Akifa Naila yang masih tujuh tahun namun hafalannya sudah 2 juz.

Kepala SDN 03 Tanjung Balik, Syamsul Bahri dalam hantaran katanya menyampaikan dari 18 wisudawan/i yang sudah hafal Alqur’an sebanyak 5 orang hafiz (2 juz) dan 13 orang hafiz (1 juz). Dan peserta tahfiz yang paling kecil adalah usia 7 tahun atas nama Akifa Naila, Putri bapak Zulhidin dan Laily Zuryati.

Korwil X Koto Diatas, Darminus yang memberikan sambutan dalam acara ini menyampaikan apresiasinya buat Kepala Sekolah SDN 03 beserta majlis guru yang sudah berhasil menyelenggarakan wisuda tahfiz ini, dan patut dicontoh oleh sekolah-sekolah lain. Inovasi dan kreatifitas yang sudah dilakukan oleh keluarga besar SDN 03 patut diberi acungan jempol.

Selanjutnya Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec.X Koto Diatas, Busfi Eriyon dalam arahannya menyampaikan, wisudawan/i yang hari ini berhasil di wisuda, sebelumnya telah mengikuti test dengan penguji lulusan Lc dari Penyuluh Agama Kec.X Koto Diatas. Alhasil, para wisudawan/i ini adalah anak-anak yang benar-benar telah hafiz Al-Qur’an dengan nilai yang sangat memuaskan.

Dalam kesempatan tersebut, Busfi Erion juga menyampaikan bahwa saa ini Kementerian Agama Sumatera Barat tengah menggalakan Program Khazanah Bersurau yang salah satu kegiatannya Dambaan Hatiqu kependekan dari demam baca, hafal dan tulis Qur’an.

“Kita berharap program ini sukses di kecamatan X Koto Diatas berkat kerjasama dan dukungan semua pihak mulai dari sekolah melalui Guru Pendidikan Agama Islam, orang tua dan Penyuluh Agama serta tokoh masyarakat,” ujar Busfi Eriyon.

BACA JUGA  12 Tim Safari Ramadhan Sumbar Kembali Dibentuk

Busfi Eriyon juga mengapresiasi kinerja Penyuluh Agama Islam Honorer yang mendidika para siswa sekolah dasar dengan ilmu agama melalui lemnbaga TPQ dan TPA. Salah satunya Joni Putra, S.Pd.I yang anak asuhnya menjadi peserta termuda di wisuda tahfizh ini.

Busfi Eriton berharap, kedepannya akan semakin kuat kerjasama antara penyuluh agama, guru PAI dengan lembaga dan tokoh masyarakat untuk mewujudkan tumbuhnya ABS SBK dari generasi muda di nagari Tanjung Balik.

Wisuda Tahfizh SDN 03 Tanjung Balik, Siswa 7 Tahun Hafal 2 Juz 1

Suasana ruangan menjadi haru saat para wisudawan/i menyerahkan mahkota pada orang tua mereka masing-masing. Dan tangis haru dari siswa kelas VI yang akan meninggalkan sekolah, juga menambah suasana acara semakin terharu saat penyerahan kado kepada kepala sekolah. Kegiatan wisuda tahfiz juga diiringi dengan kegiatan perpisahan siswa kelas VI TP.2021/2022 dan perpisahan dengan guru yang sudah memasuki masa purnabakti.

Sebelum proses wisuda, para peserta dan siswa SDN 03 mengikuti pawai keliling nagari Tanjung Balik yang disambut antusias masyarakat.  Yen | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakCatatan Abrar Munanda, Landing di Madinah
Artikulli tjetërAngin Puting Beliung Rusak Atap Puluhan Rumah di Atar, Bupati Eka Putra Langsung ke Lokasi