Kakanwil Kemenag Sumbar Buka Kegiatan Moderasi Beragama di Payakumbuh

kemenag
Payakumbuh, SuhaNews. Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H.Syamsuir Buka Kegiatan Pengarusutamaan Moderasi Beragama Dan Wawasan Kebangsaan Di Hotel Sago Bungsu, Kamis (1/7).

Ikut mendampingi Kakanwil, Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh H.Ramza Husmen di damping Kasubbag TU H.Mustafa, Kasi Bimas Islam H. Hamdan, Kasi Penmad H. Jufrimal, Kasi PHU Sri Yusnita, Kasi PDPP Endra Rinaldi,Kasi PAIS Kanapi serta Kepala KUA se Kota Payakumbuh. Kegiatan ini diikuti oleh 51 orang peserta.

Kegiatan Pengarusutamaan Moderasi Beragama Dan Wawasan Kebangsaan Bagi Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS dengan tema “Kita Wujudkan Kota Payakumbuh yang Rukun dan Damai” di selenggarakan di Hotel Sago Bungsu Tanjung Pati , Kamis (1/7).

Dalam sambutannya H.Syamsuir menyampaikan bahwa penguatan Moderasi beragama menjadi misi Kementerian Agama 2021-2022 dan pembangunan Nasional bidang keagamaan oleh karena itu Kementerian Agama terus menggaungkan moderasi beragama yang salah satunya melalui penyuluh agama, tuturnya.

Adapun Maksud dan tujuan dari kegiatan kegiatan ini yaitu: pertama,  diharapkan agar penyuluh agama dapat melakukan pembinaan dan penyuluhan agama kepada masyarakat dalam rangka penguatan moderasi beragama serta hidup berbangsa dan bernegara, kedua; diharapkan adanya penguatan pelayanan yang tersentral terkait sumber daya manusia, yang terakhir diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang paradigm baru dalam moderasi beragama serta hidup berbangsa dan bernegara, tutup H.Syamsuir.

Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian Agama merasa penting untuk terus menyuarakan pentingnya Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangasaan bagi seluruh elemen bangsa termasuk bagi Penyuluh Agama Islam baik yang PNS ataupun Non PNS.

Penyuluh Agama merupakan ujung tombak dan garda terdepan Kementerian Agama yang diberi tugas dan tanggung jawab menyampaikan pesan pembangunan di bidang agama dengan bahasa agama.

BACA JUGA  Staf Pemnag Pasisilihan, Kab Solok Dijambret, Uang Rp99 Juta Raib

Melalui kegiatan Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan Para Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS mendapatkan berbagai ilmu, informasi dan saring pengalaman dara para Narasumber.

Selanjutnya mereka akan menyampaikan kepada umat yang ada di wilayah pelayanan masing-masing sehingga arti dan makna dari moderasi beragama dan wawasan kebangsaan semakin dipahami oleh umat dan pada akhirnya apa yang kita harapakan intuk terciptanya saling menghargai dan menghormati diantara umat beragama dapat terwujud, tutup H.Ramza Husmen.

reporter : Widya editor : Moentjak

Berita Terkait :

Kemenag Kota Payakumbuh Sosialisasi SE Menag RI No.15 Tahun 2021

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPagadih Gelar Festival Budaya Tanam Padi, Wabup Agam: Pertahankan Tradisi Ini
Artikel berikutnyaRektor UNP Buka Kegiatan Pengabdian Dosen di 50 Kota