Kakanwil Kemenag Sumbar Jalin MoU dengan Kepala Kejati Sumbar

SuhaNews – Kakanwil Kemenag Sumbar Dr. H. Helmi dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumbar Yusron menandatangani kerjasama (MoU) baru-baru ini di Padang.

Pada acara yang berlangsung di ruang kerja Kejati Sumbar tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Hendri Pani Dias. Kesepakatan Bersama ini tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

H. Helmi menyebut MoU ini bertujuan sebagai landasan kerja sama dalam penanganan masalah hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara  yang dihadapi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar dalam meningkatkan pelayanan Kementerian Agama pada masyarakat.  Pun mempercepat penanganan masalah hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar.

“Lebih rinci, dalam MoU ini kita menyepakati antara lain, menyelesaikan masalah hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, seperti meminta pendapat hukum, legal asisten serta pendampingan dalam sengketa,”jelas H Helmi.

Sedikitnya ada tiga ruang Lingkup Kesepakatan Bersama ini adalah di Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara ini.

Pertama, Pemberian Bantuan Hukum yaitu tugas Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam perkara Perdata dan Tata Usaha Negara untuk mewakili PIHAK KESATU yang berdasarkan Surat Kuasa Khusus, baik sebagai Penggugat maupun Tergugat, yang dilakukan secara ligitasi maupun non-ligitasi.

Kedua, Pemberian pertimbangan Hukum yaitu tugas Jaksa Pengacara Negara untuk memberikan pendapat hukum (Legal Opinion), dan/atau pendampingan Hukum (Legal Assistance) di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara atas dasar permintaan dari PIHAK KESATU.

Dan terakhir, terkait tindakan hukum lainnya yaitu Jaksa Pegacara Negara untuk bertindak sebagai mediator dan/atau fasilitator dalam hal terjadi sengketa atau perselisihan antara PIHAK KESATU dengan lembaga Negara, instansi pemerintah di pusat/daerah, BUMN/BUMD, dan pihak lainnya.(vera)

BACA JUGA  Satpol PP Kota Padang Ikuti Gerakan 1600 Donor Darah di UNP

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -