Kakanwil Kemenag Tutup Manasik Haji untuk Jamaah Kota Bukittinggi Yang Berangkat Tahun 1443 H

Kakanwil Kemenag Tutup Manasik Haji untuk Jamaah Kota Bukittinggi Yang Berangkat Tahun 1443 H
Bukittinggi, SuhaNews – Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Tri Andriani Djusair menutup secara resmi rangkaian manasik haji tingkat Kota Bukittinggi, Jum’at ( 27/5) bertempat di aula Kemenag setempat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DWP Kanwil Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat,  Ny. Hj. Nazifah Helmi, Kakan Kemenag Kabupaten Agam, H. Marjanis dan Ketua MUI Bukittinggi sekaligus petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kota Bukittinggi.

Kegiatan manasik haji tingkat Kota Bukittinggi tersebut diikuti oleh seluruh Jama’ah Haji Kota Bukittinggi yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ketanah suci tahun 2022.

Dalam menyampaikan materi sebelum penutupan manasik haji tingkat Kota Bukittinggi, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat berpesan agar Jama’ah Haji Kota Bukittinggi bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji secara maksimal.

“Pemerintah selalu berikan peningkatan layanan kepada jamaah selama di tanah air maupun di Arab Saudi  yang meliputi  bimbingan pelayanan maupun perlindungan seperti penyediaan konsumsi yang full selama di arab saudi dengan penyediaan makanan 3x 1 hari. Peningkatan layanan akomodasi serta layanan transformasi .Peningkatan layanan ini dilakukan agar Jama’ah lebih fokus untuk menunaikan ibadah di tanah suci menjalankan rangkain ibadah  baik rukun, wajib maupun sunat haji,”
Pesan kakanwil.

Selanjutnya H. Helmi meminta Jama’ah untuk memahani proses dan alur perjalanan haji agar mampu menjalankan ibadah secara baik dan maksimal. “Semoga memperoleh haji yang mabrur,” tutur Kakanwil mendoakan.

Pada sesi ke dua Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Joben memberikan penguatan kepada Jama’ah.
“Bimbingan manasik haji yang sudah di terima oleh jamaah baik melalui KBIHU atau melalui Kantor Kementerian agama dalam program Manasik Haji Sepanjang tahun, yang di kemas dalam progran Bukittinggi Mabrur hendaknya bisa dipahami Jama’ah dengan baik,” harapnya.

BACA JUGA  Kota Pariaman Tampil Pada "Pameran Kuliner Tradisional PKD Sumbar 2021"

Selanjutnya H. Joben mengimbau agar Jama’ah merkuat lagi fondasi dalam menunaikan ibadah haji, Haji dilaksanakan atas niat Lillahi taala, lapangkan dada , saling membantu dengan sesama.
Perhatikan dan tunaikan rukun haji dengan sebaik-baiknya. Tertinggal rukun haji maka batal haji dan harus di ulang lagi pada kesempatan yang lain.

“Secara regulasi Jama’ah baru bisa menunaikan ibadah atau mendaftar haji kembali  setelah 10 tahun dari kepulangan haji terakhir,” jelasnya.

Kakanwil Kemenag Tutup Manasik Haji untuk Jamaah Kota Bukittinggi Yang Berangkat Tahun 1443 H 1

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menghimbau kepada Jama’ah Haji Kota Bukittinggi untuk menjaga kesehatan mengingat tak lama lagi akan diberangkatkan ketanah suci. “Bukittinggi tergabung pada Kloter 2 Embarkasi Padang masuk asrama dijadwalkan tanggal 4 Juni dan take Off  ke Madinah tanggal 5 Juni 2022, “jelasnya.

“Semoga sehat selalu dalam lindungan Allah SWT. Tahun ini merupakan uji coba keberangkatan haji setelah dua tahun ditiadakan, kebijakan haji tahun ini agak berbeda, seperti yang diketahui adanya pembatasan usia Jema’ah dan kuota yang diberikan, tetapi kita harus tetap mensyukurinya,” tutup Kakan Kemenag ini (Syafrial)

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Lakukan Pelantikan Jabatan Fungsional
Artikulli tjetërUKM Kuliner Padang Panjang Ikuti Halal bihalal se-Jabodetabek