Kakanwil Kemenag Semangati Calon Jamaah Haji Kabupaten Solok

Kakanwil Kemenag Semangati Calon Jamaah Haji Kabupaten Solok
Koto Baru, SuhaNews – Datang untuk memberikan manasik jelang keberangkatan ke tanah suci, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Dr. H. Helmi, M.Ag memberikan semangat dan motivasi 82 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Solok.

Kakanwil juga mengapresiasi semangat jamaah untuk berangkat ke tanah suci menunaikan rukun Islam kelima.”Semoga dengan semangat bapak dan ibu ini, Allah mudahkan jalan meraih prediket haji Mabrur,” ujar Helmi.

Kakanwil menyampaikan, untuk musim haji tahun 2022 ini jamaah asal Embarkasi Padang dapat pemondokan yang jaraknya hanya lebih kurang 500 meter dari Masjidl Haram. Untuk itu manfaatkanlah kemudahan ini untuk memperbanyak waktu ibadah di masjidil haram terumatam salat lima waktu.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan kebutuhan makan jamaah sesuai dengan standar masakan daerah asal, sehingga jamaah tidak perlu repot lagi membawa bahan makanan dari kampung.

“Untuk kloter, jamaah asal Kabupaten Solok akan bergabung dengan Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat serta 4 jamaah asal kabupaten Kepuluan Mentawai. Nomor kloter dan tanggal keberangkatan menunggu keputusan dari panitia di pusat yang akan diputuskan pada hari Senin (23/5) nanti,” ulas Helmi.

Menutup sambutannya, Helmi berharap jamaah menggunakan waktu yang masih ada jelang keberangkatan agar dimanfaatkan secara maksimal memperdalam ilmu ibadah dengan memperbanyak membaca buku dan praktek manasik.

Sebelumnya Bupati Solok yang diwakili Kasubag Bina Sosial H. Syakar Suib mengapresiasi persiapan dan pelayanan dari Kementerian Agama pada Jamaah yang akan berangkat. Meski waktunya mendesak dan singkat, tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal termasuk membekali petugas kloter dengan pelatihan.

Tak lupa, atas Bupati, H. Syakar Suib menyampaikan ucapan selamat pada para jamaah, karena telah mencapai keinginan dengan menggunakan kemampuan yang didukung oleh kesehatan dan kesempatan hadir di tanah suci menunaikan ibadah haji.

BACA JUGA  244 KK di Sulit Air Terima BLT Propinsi

Kakankemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli mendahului laporannya dengan talbiyah yang diikuti oleh jamaah. Disampaikannya, tahun 2022 ini jumlah jamaah yang berangkat sebanyak 82 orang, 51 wanita dan 31 jamaah pria. Dengan jamaah termuda berusia 20 tahun dan tertua 64 tahun.

“Adanya pembatasan regulasi menyebabkan, jamaah yang tertua dari Kabupaten Solok masih berusia 64 tahun. Semoga tahun depan tidak ada pembatasan usia dan semakin besar kesempatan calon jamaah untuk berangkat meski usia termasuk lansia,” sebut Zulkifli.

Disampaikan juga, sejak pemerintah menetapkan jumlah jamaah yang akan berangkat, Kantor Kemenag Kabupaten Solok langsung menggelar persiapan mulai dari adminsitrasi, kesehatan sampai pengurusan paspor dan lainnya.

“Yang tak kalah pentingnya adalah manasik sebagai bekal bagi jamaah beribadah di tanah suci nantinya.

Menutup laporannya Zulkifli mengatakan sembari menunggu jadwal keberangkatan, diminta jamaah untuk tetap menjaga kesehatan sekaligus mengulang dan mempraktekan ilmu manasik yang telah dipelajari baik di KBIH maupun dari narasumber Kementerian Agama.

Hadir dalam pembukaan manasik haji di Kabupaten Solok ini, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Kakan Kemenag Kota Solok H. Afrizal Thaib, Ketua DWP Kantor Kemenag Kabupaten Solok dan Ketua DWP Kemenag Kota Solok.

Setelah dibuka oleh Kakanwil, Jamaah Calon Haji mengikuti manasik yang disampaikan oleh H. Joben, S.Ag, MA, Kabid Penyelenggaran Haji dan Umrah pada Kanwil Kemenag Sumbar Fendi

Berita Terkait :

BACA JUGA  Kemungkinan PSBB Sumbar di Perpanjang dengan Aturan Lebih Ketat

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakIMS Batusangkar Bekali Anggota Baru dengan Berbagai Materi Dalam Orientasi
Artikulli tjetër5 Unit Bus PO. Pangeran Perkenalkan Diri di Terminal Bareh Solok