Umrah Dibuka, Masyarakat Sambut Antusias Penuh Rasa Syukur

Umrah Dibuka, Masyarakat Sambut Antusias Penuh Rasa Syukur
Solok, SuhaNews – Sejak 8 Januari 2022 yang lalu Pemerintah mengizinkan kembali pelaksanaan ibadah Umrah ke tanah suci, hal ini disambut anstusias masyarakat penuh dengan rasa syukur. Karena lebih kurang dua tahun, tidak ada izin jamaah umrah berangkat termasuk juga ibadah haji.

Umrah Dibuka, Masyarakat Sambut Antusias Penuh Rasa Syukur 1

Antusias masyarakat ini didorong dengan makin panjangnya daftar tunggu jamaah calon haji di Kementerian Agama, ditambah lagi dengan tidak adanya pemberangkatan pada tahun 2020 dan tahun 2021 yang lalu.

“Syukur Alhamdulillah, pemerintah telah membuka kembali izin pelaksanaan ibadah Umrah. Telah lama kami menantikan saat-saat seperti ini, telah lama kami pendam rindu ke Baitullah,” ujar Nof, salah satu jamaah Umrah Cordoba yang diberangkatkan oleh PT. Rangkayo Mulia Haramain, Senin (31/1) di Masjid Raya Saningbaka.

Kepada SuhaNews, Nof menjelaskan bahwa ia telah mendaftar untuk berngkat Umrah ini pada 2019 dan estimasi awal keberangkatan pada tahun 2020. Namun karena pandemi jadi tertunda dan baru sekarang mendapat kesempatan.

“Mohon doanya, perjalanan kami dilancarkan dan kami para jamaah diberi kesehatan dan kekuatan untuk menunaikan seluruh rukun Umrah ditanah suci nantinya,” pinta Nof.

Sementara itu Direktur Utama PT. Rangkayo Mulia Haramain H.Edi Sumanto yang didampingi Direktur Operasional DR. Dendi, M.Ag mengatakan, proses pemberangkatan jamaah umrah perdana di tahun 2022 ini memenuhi semua regulasi yang ditetapkan pemerintah.

 

Umrah Dibuka, Masyarakat Sambut Antusias Penuh Rasa Syukur 2

“Sebelum keberangkatan, kita telah sosialisasikan semua aturan terkait pelaksanaan ibadah umrah ini. Kita sampaikan pada jamaah persyaratan yang harus dipenuhi baik yang ditetapkan pemerintah Republik Indonesia maupun dari Kerajaan Arab Saudi termasuk protokol kesehatan yang berlaku disana nantinya, jelas H. Edi Sumanto.

 

Ditambahkannya, selain masalah protokol kesehatan dan kesiapan fisik Cordoba bersama KBIH Rangkayo Mulia Haramanain juga memberikan manasik kepada jamaah jelang keberangkatan untuk modal beribadah di tanah suci nanti.

BACA JUGA  133 Calon Jamaah Haji Kabupaten Pasaman Terpanggil Berangkat Tahun Ini

“Meski menglamai beberapa kali penundaan sejak akhir 2019 lalu, kita terus memberikan persiapan dan pendampingan kepada jamaah melalui manasik hingga diskusi daring secara virtual,” ulasnya.

Sementra itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli yang melepas secara resmi jamaah umrah ini berpesan, agar kesempatan yang tekah tertunda ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh jamaah untuk beribadah.

Tak lupa Kakan Kemenag memesankan agar jamaah selalu mengutamakan dan memperhatikan protokol kesehatan dimanapun berada. Hal ini penting untuk keselamatan diri sendiri, rombongan dan keluarga saat kembali ke tanah air nantinya.

Umrah Dibuka, Masyarakat Sambut Antusias Penuh Rasa Syukur 3

Pada keberangkatan perdana ditahun 2022 ini, PT Rangkayo Mulia Haramain memberangkatkan 70 jamaah Cordoba. Berangkat dari masjid raya Saningbaka, Senin (31/1) pagi menuju Bandara Internasional Minangkabau. Setelah dilepas secara resmi pula oleh Kakanwil Kemenag Sumbar, Jamaah terbang ke Jakarta selanjutnya menuju Arabsaudi.

Tak hanya jamaah yang antusias, tetapi juga masyarakat. Hal ini terlihat dari ramainya pengantar jamaah yang memenuhi pelataran masjid raya Saningbaka dan jalan raya yang menjadi jalan lingkar Danau Singkarak tersebut. Beragam momen haru tampak disini, ada air mata, isak haru hingga lambaian yang melemah saat bus yang membawa jamaah bergerak dari halaman masjid menuju BIM. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPWI dan Dinas Kominfo Kabupaten Solok Gelar Silaturrahmi
Artikulli tjetërNegeri di Atas Awan, Puncak Lawang Menjadi Destinasi Favorit