81 CJH Kab. Solok Siap Diberangkatkan, Kemenag Gelar Rakor Persiapan

81 CJH Kab. Solok Siap Diberangkatkan, Kemenag Gelar Rakor Persiapan
Koto Baru, SuhaNews – 81 orang calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Solok siap diberangkatkan pada musim haji tahun 2022 / 1443 H ini. Untuk persiapannya, Kantor Kemenag Kabupaten Solok menggelar rapat koordinasi (Rakor), Rabu (18/5).

Rakor yang dipimpin oleh Kakan Kemenag H. Zulkifli ini diikuti oleh Sekda Kabupaten Solok yang diwakili oleh Kabag Kesra H. Yoserizal, diikuti oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Solok, perwakilan Polres Solok, Perwakilan dari Satpol PP, perwakilan Dinas Perhubungan dan perwakilan Dinas Kesehatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok dalam sambutannya mengatakan bahwa diberi amanah melayani jamaah haji adalah suatu kebahagian karena selain menjalankan tugas sebagai aparat negara juga tugas melayani tamu Allah.

“Penyelenggaraan Haji merupakan tugas yang melibatkan lintas sektoral bagi instansi pemerintah, baik ditingkat pusat, embarkasi maupun ditingkat Kabupaten. Untuk itu perlu koordinasi yang kuat agar semua berjalan sukses dan jamaah dapat mengikuti dan menjalani ibadah dengan nyaman,” ujar H. Zulkifli.

Dijelaskan Zulkifli, bahwa menjelang sampai di embarkasi dan jamaah mengikuti semua protokoler menjelang keberangkatan, ditingkat Kabupaten juga ada serangkaian seremonial dan proses yang dilalui jamaah.

“Selain administrasi dan tes kesehatan / kebugaran yang menjadi salah satu syarat mutlak jelang keberangkatan, pelepasan secara resmi oleh Bupati juga menjadi salah satu seremonial penting,” ulas Zulkifli.

Ditambahkannya, jelang keberangkatan ke embarkasi, jamaah akan berangkat bersama menuju asrama haji Padang dan itu sudah menjadi protokoler yang ditetapkan oleh panitia daerah. “Ini yang akan kita rumuskan bersama, bagaimana semua berjalan tertib dan jamaah maupun keluarga tidak merasa terabaikan oleh pelayanan panitia,” tegas Zulkifli.

Menutup sambutannya, Zulkifli menegaskan untuk jadwal keberangkatan serta kloter masih menunggu dari panitia propinsi. Sembari itu, semuanya tetap dipersiapkan termasuk tes kebugaran, pengecekan administrasi dan manasik.

BACA JUGA  Moderasi Beragama Kakanwil Kemenag Sumbar Bertemu Penyuluh Agama Bukittinggi

Untuk keberangkatan tahun 2022 ini jamaah asal Kabupaten Solok sebanyak 82 orang, 31 diantaranya laki-laki, 51 orang wanita. Termasuk dua orang jamaah yang pindah embarkasi masing-masing satu orang dari Jambi dan Bengkulu. Fendi

Berita Terkait :

CJH CJH CJH CJH

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakIraddatillah: Pemkab Sijunjung Prioritaskan Peningkatan IPM
Artikulli tjetërTBS Sawit Anjlok, Bupati Agam: Kita Carikan Solusi Terbaik