Kalahkan Brighton & Hove Albion 1-0, Man City ke Posisi Ketiga

brig
SuhaNews – Menjamu Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Kamis (14/1/2021) dini hari WIB Manchester City  meraih kemenangan tipis 1-0 melalui gol Phil Foden

Tuan rumah bermain sangat dominan sementara Brighton lebih banyak menunggu di area sendiri. Man City membutuhkan waktu 44 menit untuk  mendapatkan gol. Phil Foden menuntaskan umpan Kevin de Bruyne. Inilah satu-satunya gol yang tercipta sampai akhir pertandingan.

Man City punya sejumlah kesempatan lain untuk mencetak gol, termasuk penalti di menit ke-91. Namun eksekusi Raheem Sterling melambung.

Dengan hasil ini, Man City naik ke posisi tiga dengan 32 poin dari 16 pertandingan. Sementara itu, Brighton tercecer di posisi 17 dengan 14 poin.

Jalannya Pertandingan

Manchester City seperti diperkirakan langsung menguasai permainan dan memainkan bola dari sisi ke sisi selepas sepak mula. Percobaan pertama datang di menit ketujuh, ketika Oleksandr Zinchenko melepas tembakan yang masih terhalang kerumunan pemain Brighton.

Kerja sama apik Kevin de Bruyne dengan Ilkay Guendogan berbuah peluang bagus di menit ke-14. De Bruyne lolos, menerima umpan terobosan dari Guendogan, tapi gagal menaklukkan kiper Robert Sanchez. Tendangannya dari jarak dekat diblok.

Lima menit berselang, Brighton balas mengancam. Leandro Trossard menerima umpan dari Alexis Mac Allister dan bergerak memotong ke tengah dari sisi kiri. Sepakan melengkungnya masih melebar tipis ke kanan gawang.

Sebuah upaya dari Riyad Mahrez menyambut umpan dari De Bruyne masih berakhir menyamping di menit ke-26. Brighton menumpuk pemain di kotak penalti, membuat Man City kesulitan.

Sebuah kesalahan dari pertahanan Brighton berujung tendangan bebas tak langsung dari dalam kotak penalti pada menit ke-28. Itu setelah Aaron Webster memotong umpan Man City, lalu bola ditangkap kiper.

BACA JUGA  Bruno Fernandes Datang, MU Lolos ke Liga Champions

Bernardo Silva mengoper pendek dan bola disambar De Bruyne. Namun tembakannya terhalang pemain Brighton.

De Bruyne memainkan umpan menggoda dari kiri mengarah ke Mahrez di tiang jauh di menit ke-35. Tapi Bernardo sigap menghalau bola ke luar lapangan sebelum mencapai Mahrez.

Sebuah serangan balik di menit ke-41 nyaris membuahkan hasil untuk Man City. Foden menusuk dari kanan, lalu kehilangan penguasaan dan bola gantian dikuasai oleh De Bruyne. De Bruyne menembak dari sisi kanan di dalam kotak penalti, namun bisa ditepis kiper.

GOL! Man City memecah kebuntuan di menit ke-44. Menerima umpan dari De Bruyne, Foden melepaskan diri dari dua pemain Brighton dan melepaskan tembakan ke pojok kiri bawah gawang. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Man City.

Sundulan Foden empat menit babak kedua berjalan masih tepat ke arah kiper. Gantian Brighton mengancam dari sepak pojok di menit ke-56, tapi sepakan Davy Propper bisa dihentikan Ederson.

Sepakan Mahrez tak lama berselang masih melebar. Di menit ke-59, tekanan beruntun Man City gagal membuahkan hasil.

Sepakan Guendogan dihentikan kiper Brighton dengan gemilang. Bernardo Silva mendapatkan bola berikutnya dan sepakannya cuma menghantam tiang gawang.

Joao Cancelo punya peluang di menit ke-64, juga bisa diamankan kiper. Semenit kemudian, gantian De Bruyne mengancam gawang Brighton dan lagi-lagi kandas di tangan Robert Sanchez.

Brighton beberapa kali mampu menembus pertahanan Man City, tapi kurang rapi dalam menyusun pergerakan akhir. Sejumlah situasi menjanjikan pun kandas begitu saja.

Penalti! Man City dihadiahi penalti oleh wasit setelah De Bruyne dijatuhkan kiper. Hanya saja eksekusi Raheem Sterling melambung. Pertandingan usai tak lama berselang.

BACA JUGA  Tinggalkan 3 Putra, Serma Rama Wahyudi Asal Riau Tewas di Kongo

Susunan pemain:

MANCHESTER CITY: Ederson; Joao Cancelo, John Stones, Ruben Dias, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Rodri, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez (Gabriel Jesus 67′), Kevin De Bruyne, Phil Foden (Raheem Sterling 82′)

BRIGHTON & HOVE ALBION: Robert Sanchez; Aaron Webster, Lewis Dunk, Dan Burn; Joel Veltman, Ben White, Davy Propper (Solly March 68′), Bernardo; Percy Tau (Neal Maupay 68′), Leandro Trossard (Reda Khadra 86′), Alexis Mac Allister

Sumber: detik.com

Baca juga:

Facebook Comments

loading...