Kejuaraan Ranah Pesilat, Paliko Sumbang 5 Emas, Tangan Mas Sumbar Juara Umum

Payakumbuh, SuhaNews — Pesilat Tangan Mas Payakumbuh-50 Kota (Paliko) kembali menorehkan prestasi. Sebanyak 22 pesilat diturunkan pada Kejuaraan Pencak Silat “Ranah Pesilat” se Sumbar, Riau, Jambi, dan Bengkulu. Sejumlah pesilat Paliko ini turun atas nama Tangan Mas Sumatra Barat dan Tangan Mas Paliko . 14 pesilat diantaranya membawa pulang medali.

Perhelatan yang digelar dari 19 hingga 22 Desember 2022 di Gedung Olah Raga (GOR) Nan Ompek Tanjung Pauah, Kota Payakumbuh ini adalah dalam rangka perinagtan Hari Jadi ke 52 Kota Payakumbuh, kerjasama Pemerintah Kota, Dispora, IPSI Sumbar, dan IPSI Payakumbuh.

Arif Fadly, S. Ps. I, Pelatih Silat Tangan Mas Paliko, menyebutkan, turunnya pesilat Tangan Mas Paliko dari dua pewakilan merupakan hasil dari seleksi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Pesilat utusan perguruan Silat Tangan Mas dari berbagai daerah diseleksi. Hasilnya, pesilat yang meraih juara akan turun atas nama Tangan Mas Sumatra Barat, sementara pesilat yang belum berhasil, akan turun tas nama Tangan Mas masing-masing daerah dan perguruan.

“Ini adalah keputusan bersama seluruh pelatih dan pembinaan Perguruan Tangan Mas masing-masing daerah. Kita tetap memberikan kesempatan bagi pesilat kita yang belum beruntung dalam seleksi. Hal ini untuk memberi ruang bagi mereka untuk mengeksplor dan menguji kemampuan mereka,” ungkap Arif.

Arif juga mengapresiasi khusus kepada pesilat Tangan Mas Paliko yang telah mengharumkan nama perguruan dan daerah. Pesilat yang meraih medali, Arif menyebutnya ini adalah buah dari kerja keras dan usaha  yang telah dilakukan selama ini. Karena sejatinya usaha adalah prestasi, dan juara adalah bonusnya.

Kepada yang belum berhasil Arif tetap mengapresiasi atas perjuangan yang telah dilakukan. Jika hari ini belum berhasil, berarti ada pesilat yang kemampuannya yang memang di atas mereka. Maka latihan rutin dan berusaha sungguh-suangguh adalah pesan yang dtekankan oleh pelati ramah ini. Arif menyebut, sekeras apapun seorang pelatih melatih, namun jika kemauan dari pesilatnya yang nol, maka keberhasil juga mustahil diraih. Arif juga mengucapkan terima kasih kepada para senior yang telah membimbing yunior-yuniornya, baik di perguruan, maupun selama pertandingan.

BACA JUGA  Zahran, Hafiz Muda dari Indonesia Raih Juara 2 MHQ Internasional di Arab Saudi

Kejuaraan Ranah Pesilat, Paliko Sumbang 5 Emas, Tangan Mas Sumbar Juara Umum 1

Dewan Guru dan Pembina Perguruan Silat Tangan Mas Paliko, H. Irwan Boer mengucapkan syukur atas raihan prestasi pesilat yang telah ia gembleng. Irwan menyatakan salut atas perjuangan dan semangat yang ditunjukkan pesilatnya di gelanggang. Irwan sangat mengaparesiasi prestasi pesilat-pesilatnya.

Masih di gelanggang pertandingan, Irwan begitu menyemangati pesilatnya yang belum beruntung pada event kali ini. “Jangan patah semangat. Akan ada kesempatan bagi mereka yang berusaha dan berlatih sungguh-sungguh. Jika hari ini peluang menang kalian tertunda, maka berkomitmenlah untuk meraih yang terbaik di gelanggang berikutnya” tutur Irwan.

Adapun rincian pesilat Tangan Mas Paliko yang turun atas nama Tangan Mas Sumatra Barat berjumlah 8 pesilat, dengan rincian 3 orang pada Kelas Usia Dini, 4 orang pada Kelas Pra Remaja, dan 1 orang pada Kelas Dewasa. Sementara pesilat yang turun atas nama Tangan Mas Paliko berjumlah 14 pesilat, terdiri dari 3 orang pada Kelas Usia Dini, 4 orang pada Kelas Pra Remaja, 5 orang pada Kelas Remaja, dan 2 orang pada Kelas Dewasa.

Sementara rincian medali yang diperoleh oleh pesilat Tangan Mas Paliko adalah, 5 medali emas, 2 medali perak, dan 7 medali perunggu. Sementara Tangan Mas Sumbar yang berhasil sebagai Juara umum berhasil meraih 14 medali emas, 9 medali perak, dan  11 medali perunggu.(Nina)

Berita Terkait :

 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -