Sabet Juara Umum II, PS Tangan Mas Payakumbuh Kembali Torehkan Kemenangan

Sabet Juara Umum II, PS Tangan Mas Payakumbuh Kembali Torehkan Kemenangan
Payakumbuh, SuhaNews — Mengulang tradisi juara, Perguruan Silat (PS) Tangan Mas Payakumbuh, kembali menggondol sejumlah medali pada Kejuaran Terbuka Pencak Silat Minsai Al Fitrah Indonesia, yang digelar 26 hingga 29 Juni 2022 di Lapangan Voli Balai Jariang Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.

Dihadiri 375 pesilat dari Sumatra Barat, Riau, dan Jambi, kejuaraan ini sukses mengantarkan Perguruan Silat Tangan Mas Payakumbuh meriah juara Umum II dengan perolehan medali, 4 medali emas, 2 medali perak, dan 7 medali perunggu.

Dewan Guru Perguruan Silat Tangan Mas Payakumbuh, H. Irwan Boer mengapresiasi perjuangan para pesilatnya. Sebuah kemenangan yang selalu ditunggu dan dipantau oleh Irwan melalui Grup WhatsUp. Tak lupa suntikan demi suntikan semangat terus disampaikan dalam Grup tersebut. Sebelumnya, pada pembukaan pertandingan, Irwan telah memberikan motivasi kepada pesilatnya.

“Pencak silat sebagai Kearifan lokal yang harus dikembangkan. Regenerasi harus terus dipupuk. Silat sebagai budaya dan ciri khas masyarakat minang sudah selayaknya diajarkan kepada generasi, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pencak silat juga melatih seseorang memiliki jiwa sportifitas dan tanggung jawab yang tinggi. Dan kita mengharapkan itu dari putra-putri Kota Payakumbuh, khususnya,” ungkap Irwan

Arif Fadly, S. Psi., pelatih silat PS Tangan Mas Payakumbuh yang terus menggembleng pesilatnya selama pertandingan mengungkapkan puas dengan permainan pesilatnya di gelanggang. Arif menyebut pesiltanya telah tampil dengan maksimal dan mengerahkan teknik bermainnya. Meski kemudian ada yang menang dan ada yang kalah, Arif menegaskan itu sudah dinamika dalam bertanding.

“Sudah dinamika dalam bertandinag bahwa ada yang menang dan ada yang kalah. Yang pasti suntikan semangat terus diberikan kepada pesilat kita. Mengapresiasi yang menang dan mensupport yang belum beruntung menjadi keharusan bagi seorang pelatih. Kita ingin pesliat kita memiliki jiwa besar dalam menerima sebuah kenyataan. Bila hari ini mereka belum beruntung, kedepan mereka harus berkomitmen untuk lebih baik. 13 medali yang mereka gondol hari ini dari 22 peserta yang kita kirim, ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa,” tegas Arif.

BACA JUGA  Covid-19 Kabupaten Solok Bertambah: 7 Terkonfirmasi, 6 Sembuh

Selanjutnya Arif menyatakan, setiap event yang diikuti pesilatnya, ia akan mengevaluasi masing-maisng tampilan pesilat. Hal ini bertujuan agar mereka yang melakukan kesalahan di gelanggang hari ini, tidak mengulang lagi di gelanggang berikutnya. Arif juga menuturkan pesilatnya mengikut latihan rutin setiap Minggu pagi, Jumat sore dan malam. Namun latihan intensif dilakukan jika ada event yang akan diikuti.

“Beberapa bulan kedepan ada event-event yang akan diikuti. Kita sudah mewanti-wanti pesilat kita untuk mempersiapkan diri dan berlatih lebih giat. Tidak ada kemenangan tanpa persiapan yang maksimal, dan kemenangan hanya milik mereka yang bersungguh-sungguh. Kita menegaskan hal itu kepada para pesilat,” tutup pria dua anak ini. (Nina)

Berita Terkait :

 

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak5 JCH Cadangan Bukittinggi Berangkat Menuju Tanah Suci Hari Ini
Artikulli tjetërWabup Richi Aprian Buka TRoI seri 3 Tahun 2022 di Puncak Macau