Kemenag Kota Bukittinggi Gandeng Dinkes Berikan Manasik Haji Tentang Kesehatan

Kemenag Kota Bukittinggi Gandeng Dinkes Berikan Manasik Haji Tentang Kesehatan
Bukittinggi, SuhaNews – Kantor Kemenag Kota Bukittinggi melalui seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggandeng Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi melaksanakan Program Bimbingan Manasik dan Keseharan Haji ( Bimsik Keshaj) bagi Jama’ah Haji Kota Bukittinggi angkatan 1, Senin (01/03) bertempat di masjid Baburrahmah Luak Anyia Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Kasmir menyampaikan apresiasi kepada Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah beserta jajaran karena bisa menyelenggarakan pra Manasik dalam rangka memberikan pencerahan dan pemahaman kepada jamaah haji terkait pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

“Bimbingan manasik haji itu mempunyai fungsi dan tujuan agar calon jemaah mampu memahami semua informasi tentang pelaksanaan ibadah haji, tuntunan perjalanan, petunjuk kesehatan dan mampu mengamalkanya pada saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci,” tutur Kakan Kemenag

Selanjutnya H. Kasmir menyampaikan manasik haji ini juga bertujuan agar jemaah haji dapat mandiri dalam meaksanakan ibadah haji, baik secara mandiri regu atau rombongan dan mempunyai kesiapan menunaikan ibadah haji baik mental, fisik, kesehatan maupun petunjuk ibadah haji apalagi di masa pandemi Covid-19.

“Bimbingan manasik ini supaya jemaah yang niat berangkat menunaikan ibadah haji merasa aman, tertib dan sah. Aman dalam arti jemaah tidak merasa khawatir terhadap dirinya dan harta bendanya. Tertib dalam arti melaksanakan dan memenuhi syarat, rukun, dan wajib sesuai dengan tuntutan agama apalagi masa pandemi. Mulai Januari 2022 telah berangkat beberapa orang Jama’ah umrah Kota Bukittinggi masa pandemi Covid-19, kita berharap tahun ini nanti jamaah haji juga di berangkatkan. Untuk itu kami mengajak kita semua untuk bisa menyerap ilmu dari para narasumber terkait pelaksanaan ibadah haji apalagi masa pandemi Covid-19,” katanya lagi.

BACA JUGA  Pelayanan Seksi Haji Kemenag Bukittinggi Tetap Berjalan Baik

Tri Andriani Djusair Kasi Penyelenggaraan Haji Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Bimbingan Manasik dan Kesehatan Haji (Bimsik Keshaj) ini dilakukan sebagai upaya untuk menuju kemabruran dan kemandirian jamaah haji terkhusùs Jamaah Haji Kota Bukittinggi.

“Kegiatan Bimbingan Manasik dan Kesehatan Haji (Bimsik Keshaj) ini dibagi menjadi 3 angkatan yaitu angkatan 1 untuk jamaah haji Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, angkatan 2 untuk Jamaah haji Kecamatan Guguak Panjang dan angkatan ke  3 untuk Jamaah haji Aur Birugo Tigo Baleh. Materi Ihram Isytirat, Tawaf dan Sai masa Pandemi dengan narasumber H.Ekdi dan materi terkait perjalan Arafah , Muzdalifah dan Mina masa Pandemi serta kelonggaran  Hukum dengan narasumber H.Ifdhal serta Manasik Kesehatan Jamaah, pemeriksanaan kesehatan dan vaksin jamaah haji dengan Narsum Susi S.Km, M.M dari Dinas Kesehatan.

Lebih lanjut Tri Andriani Djusair menyampaikan kepastian untuk Peyelenggaraan Ibadah Haji menjadi kewenangan Pemerintah Arab Saudi yang sampai saat ini kepastian itu belum kita peroleh namun kita tetap optimis melakukan berbagai persiapan, baik persiapan dokumen Jamaah Haji,  Bimbingan ibadah haji,  bimbingan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan haji.

“Kerjasama antara Kemenag dan Dinkes Kota Bukittinggi dalan Pelaksanaan Kegiatan Bimsik Keshaj ini merupakan wujud  keseriusan dalam memberikan Pembinaan, Pelayanan dan Perlindungan kepada Jamaah Haji Kota Bukittinggi  secara optimal dan maksimal. Semoga usaha , upaya yang kita lakukan di redhai Allah SWT sertab doa-do’a kita diijabah,” tuturnya lagi

Selajutnya Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimaksih dan apresiasi kepada kementerian Agama Kota Bukittinggi yang  bergandengan dengan Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi dalam memberikan informasi yang bersifat promotif, preventif mengenai pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah haji. Layanan Kesehatan Jamaah dilakukan oleh semua puskesmas se Kota Bukittinggi  spt cek kesehatan, pemberian baksin Booster, vaksin miningitis, layanan pengobatan penyakit jamaah dan lainnya. Yal|Moentjak

BACA JUGA  Padang Panjang Gelar MTQ Tingkat Kota ke 28 Pertengahan Desember

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPramuka 0310 Kota Solok Bantu Korban Gempa Bumi
Artikulli tjetërFokus Peningkatan Nilai Tukar Petani, Ini Langkah Mahyeldi di 2022