Dilepas Kakanwil Kemenag, sudah 350 Jamaah Umrah Sumbar Berangkat ke Tanah Suci

Dilepas Kakanwil Kemenag, sudah 350 Jamaah Umrah Sumbar Berangkat ke Tanah Suci
Padang, SuhaNews – Kakanwil Kemenag Sumbar Diwakili Kabid PHU H. Joben kembali melepas jamaah Umrah asal Sumatera Barat menuju tanah suci, Selasa, 22/1) di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).
Total sudah 350 jamaah asal Sumbar yang melaksanakan Umrah pasca dibukannya kembali pelaksanaannya setelah yang perdana pada 31 Januari 2022 jamaah Cordoba asal Solok.

Berbeda dengan pemberangkatan umrah sebelum masa pandemi, dimana jemaah bisa langsung terbang dari Bandara International Minangkanau (BIM) menuju Tanah Suci. Namun sejak diterbitkan KMA 1332 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pemberangkatan Umrah di Masa Pandemi Covid 19, pemberangkatan jemaah umrah harus one gate policy (satu pintu).

Tak terkecuali di Sumatra Barat, jemaah umrah yang diberangkatkan PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) harus transit dulu di Jakarta. Hal ini karena pandemi Covid 19 masih belum  berakhir. Menyikapi hal ini, pengawasan terus dilakukan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat.

Kakanwil Kemenag diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) bersama tim melepas jemaah umrah sebanyak 20 orang. Jemaah umrah ini diberangkatkan PT bumi Serambi Makkah yang bertolak dari BIM menuju Jakarta.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang PHU, H. Joben didampingi Ulil Amri, Sub Koordinator Pembinaan Haji dan Umrah serta tim PHU menyampaikan bahwa semua jemaah umrah yang diberangkatkan dari Sumatra Barat sudah memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Agama (KMA).

“Jemaah harus mengantongi bukti bebas Covid 19 berupa hasol Polymerace Chain Reaction (PCR) yang pelaksanaan tesnya tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dan terdaftar pada laboratorium big Data NAR (New All Record),” terang H. Joben.

Selanjutnya kata Joben, jemaah harus sudah menerima vaksin Covid 19 secara lengkap yang dibuktikan dengan sertifikat vaksin dan terdaftar di aplikasi resmi pemerintah.

BACA JUGA  Kakan Kemenag Jemput 37 Jamaah Haji Padang Panjang ke Bandara

Tak lupa kepada jemaah umrah Kepala Bidang PHU berpesan dan mengingatkan jemaah agar selalu mentaati prokes yang ketat. “Pandemi Covid 19 masih mengancam kesehatan dan keselamatan kita semua. Maka mari kita disiplin dengan semua protokol kesehatan agar,tidak terpapar” ajaknya.

Dilepas Kakanwil Kemenag, sudah 350 Jamaah Umrah Sumbar Berangkat ke Tanah Suci 1

Ia juga mengingatkan jemaah untuk menjaga nama baik Sumatra Barat dan Indonesia umumnya. “Jemaah umrah merupakan duta indonesia yang berkunjung ke arab saudi karna akan jadi tolak ukur pemberangkatan jemaah haji tahun 2022,” pungkas Joben.

Sementara kepada PPIU ia juga berpesan agar terus mengikuti regulasi, baik dari Indonesia atau Arab Saudi dan memberikan bekal pengetahuan yang cukup kepada jemaah. Rina | Fendi

Berita Terkait :

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKepala Perpunas Akan Meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam
Artikulli tjetërBupati Agam Buka Sosialisasi Penempatan Tenaga Kerja