Kemenag Kota Bukittinggi gelar Tes Rekruitmen Calon Petugas Haji

Lahirkan Petugas Haji Yang Profesional, Kankemenag Kota Bukittinggi Laksanakan Tes Rekruitmen Calon Petugas Haji
Bukittinggi, SuhaNews. Untuk Lahirkan Petugas Haji Yang Profesional, Kantor kemenag Kota Bukittinggi Laksanakan Tes Rekruitmen Calon Petugas Haji.
Peran petugas haji dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam melayani Jama’ah sangat menentukan kelancaran dan kesempurnaan ibadah jamaah. Petugas yang profesional akan mampu memandu jama’ah secara maksimal.

Untuk melahirkan Petugas Haji yang profesional, Kantor Kemenag Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah melakukan rekrutmen calon petugas haji secara serentak, Selasa 04 Februari 2020 bertempat di komplek MAN 2 Bukittinggi.

Sebanyak 35 orang peserta calon petugas haji 2020 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi mengikuti tes yang diselenggarakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

H. Gazali selaku ketua panitia Rekruitmen Calon Petugas Haji Kota Bukittinggi menyampaikan. “Rekrutmen calon petugas haji yang akan menyertai jemaah haji (petugas kloter) dan panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2020 dilakukan serentak dengan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT), berlangsung secara terbuka dan transparan.

Sistem Computer Assited Test (CAT) ini yang merupakan sistem baru dalam pelaksanaan rekrutmen calon petugas haji untuk tingkat Kemenag kab/kota. Untuk Tahun ini tes seleksi Petugas Haji (PPIH) kloter tingkat Kemenag Kota Bukittinggi menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) yang mana pada tahun sebelumnya, tes rekrutmen tersebut dilakukan secara tertulis dengan kertas jawaban.

Rekrutmen calon Petugas Haji tahun 2020 di lingkungan Kankemenag kota Bukittinggi diikuti oleh 35 Orang peserta, yang disuguhi soal sebanyak 100 butir dalam waktu 90 menit dengan sistem CAT,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag kota Bukittinggi Tri Andriani menyampaikna proses rekrutmen calon Petugas Haji tersebut dilakukan secara berjenjang dan transparan guna mendapatkan petugas yang memiliki kompetensi sekaligus komitmen dalam penyelenggaraan ibadah haji.

BACA JUGA  Hadirkan Suasana Tempo Doeloe, Kawasan Kota Tua Bakal Dicat

Petunjuk teknis perihal rekrutmen petugas haji tahun 2020 sudah tertuang dalam keputusan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Nomor 10 Tahun 2020. Pelaksanaan ujian ini dilakukan dua tahap, yakni ujian tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Untuk seleksi tahap kedua, tingkat provinsi terdiri dari tes secara online dengan metode CAT serta pendalaman bidang tugas dengan wawancara, yang akan berlangsung pada tanggal, 13 Februari 2020 di Kanwil Kemenag Provinsi sumatera Barat,” tuturnya lagi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Abrar Munanda di dampingi Kasubbag Tata Usaha H. Zulfikar berharap semoga pelaksanaan tes berjalan lancar dan melahirkan petugas haji terbaik yang profesional.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana rekrutmen calon petugas haji tahun 2020 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi. Semoga seleksi ini dapat melahirkan petugas haji yang profesional dalam mendampingi Jama’ah. Pelaksanaan rekrutmen petugas haji tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pelaksanaannya telah menggunakan sistem CAT yang hasilnya dapat diketahui langsung setelah peserta selesai mengikuti ujian,” tuturnya.

Pelakasanaan rekrutmen calon petugas haji di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi di pantau langsung oleh H. Rinalfi dan H. Ulil Amri (Tim Monitoring Rekrutmen calon petugas haji dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat). Sebelum ujian berlangsung Tim ini menyampaikan beberapa arahan terkait tata tertib pelaksanaan ujian dengan sistem CAT dan beberapa pesan dari Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diantaranya, harapan kepada peserta untuk mengikuti tes dengan sebaik-baiknya, serius dan berserah diri kepada Allah SWT.

reporter : Yal editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaTinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS, Bupati Irfendi :  Peserta 13.431, Diterima 365
Artikel berikutnyaJelang Ujian Nasional Siswa MTsN 2 Bukittinggi Disemangati Team Erlangga