Kemenag Padang Panjang Syiarkan MADINA di Radio Edukasi Resfour 104,5 FM

Kemenag Padang Panjang Syiarkan MADINA di Radio Edukasi Resfour 104,5 FM
Padang Panjang, SuhaNews – Kantor Kemenag Kota Padang Panjang mensyiarkan program Haji Dini Haji Muda (MADINA) melalui dialog interaktif dan disiarkan langsung dengan Civitas Akademika SMPN 4 Padang Panjang di Studio 2 Radio Edukasi Resfour 104,5 FM berlangsung sukses, Rabu (09/03/).

Dalam dialog Interaktif ini Kakan Kemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi Kasi PHU Endang Sriyani, Perencana Muda Fryta Nery Putri Zam (Riri) beserta JFU Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menjelaskan dengan tuntas Program Inovasi MADINA sebagai suatu solusi menjawab antrian (waiting list) berangkat Haji.

Sementara itu dari pihak SMPN 4 Kota Padang Panjang dihadiri oleh Kepala Sekolah Leli Suarni didampingi Wakil Kepala Yessi Novita, GM Radio Edukasi Resfour 104,5 FM Ermiyanto, Guru PAI Santi Dewi beserta perwakilan siswa-siswi ditambah seluruh kru Resfour 104, 5 FM

Kegiatan ini dipandu oleh penyiar Radio Edukasi Resfour 104, 5 FM Sandra Indrawati beserta kru dengan asyik dan apik penuh semangat.

“Dalam paparannya Kakankemenag menjelaskan “Istitha’ah adalah kemampuan jemaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga jemaah haji dapat menjalankan ibadah haji sesuai tuntunan agama islam,” tuturnya.

Kemudian Kakankemenag menyampaikan juga, “Istita’ah atau Kemampuan untuk berangkat Haji itu bisa diuraikan menjadi dua yakninya Istita’ah linafsi dan Istita’ah lighairihi,” ujarnya.

“Istita’ah linafsi artinya dia sendiri yang mampu untuk berangkat haji karena punya dana dan pisik serta mental yang sehat, sedangkan Istita’ah lighairihi adalah ada orang lain yang membantu untuk seseorang mampu menunaikan ibadah Haji, boleh jadi didaftarkan atau didanai oleh anak, saudara, teman, rekan sejawat atau yang lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA  PPDB Online Inisiatif Walikota Fadly Amran, Gubernur Izinkan Tambah Kelas SMA di Padang Panjang

Mengulas pemaparan Kakankemenag, Kasi PHU Endang Sriyani menjelaskan bahwa, “Inovasi Program MADINA adalah Menabung Haji Dini Haji Muda menyiasati antrian panjang berangkat Haji dengan cara mengajak kita semua terutama Generasi Muda untuk Mendaftar Haji dari sekarang,” pungkasnya.

Menanggapi penjelasan Kakankemenag dan Kasi PHU, Kepala SMPN 4 Kota Padang Panjang Leli Suarni menanggapi bahwa, “Program MADINA dari Kankemenag Kota Padang Panjang merupakan Inovasi yang luar biasa dan harus diteruskan kepada Wali Murid agar mendapatkan dukungan penuh,” ujarnya.

“Selain Sosialisasi lewat Radio Edukasi Resfour 104,5 FM, dalam waktu dekat Keluarga Besar SMPN 4 Kota Padang Panjang bersama Tim dari Kemenag akan kembali melakukan Sosialisasi Inovasi Program MADINA kepada seluruh Civitas Akademika SMPN 4 Kota Padang Panjang dan Wali Murid serta Komite Sekolah dalam rapat kenaikan kelas,” tuturnya.

Diakhir acara setelah sesi tanya jawab, diserahkan cinderamata berupa aksesoris atau gantungan kunci dari Kemenag Kota Padang Panjang kepada Civitas Akademika SMPN 4 Padang Panjang.Adi|Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakSambut Ramadhan, Pemko Solok Gelar Tausiyah dan Zikir Bersama
Artikulli tjetërTagana Kota Solok Sediakan 2000 Nasi Bungkus Setiap Hari untuk Pengungsi