Kemenag Sosialisasi Pendidikan Diniyah Formal di Kota Solok

Kemenag Sosialisasi Pendidikan Diniyah Formal di Kota Solok
Solok, Suhanews. Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan menghadiri sosialisasi pendidikan diniyah formal (PDF) di aula kantor Kemenag kota Solok, Rabu (3/2).

Acara ini diiukuti jajaran seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten dan Kemenag kota Solok.

Pendidikan Diniyah Formal dan Kaderisasi Ulama merupakan model baru yang diberikan disamping Salafiyah, Khalafiyah dan Boarding School, tanpa menghilangkan Ponpes yang ada sekarang namun nantinya PDF menghasilkan produk yang berbeda dan bantuan yang diberikan berdasarkan data, maka dari itu sampaikanlah data yang valid, seperti yang disampaikan oleh Kabag Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H.Irwan dalam Sosialisasi Pendidikan Diniyah Formal (PDF), yang bertempat di Aula Abu Bakar Siddiq Kemenag Kota Solok. Kamis (3/2/2021)

Selanjutnya Irwan menjelaskan, Kementerian Agama RI membuka ruang baru dan memberikan pilihan kepada masyarakat untuk mendidik putera puterinya menjadi kader ulama melalui layanan Pendidikan Diniyah Formal (PDF). PDF merupakan salah satu dari entitas kelembagaan pendidikan keagamaan Islam yang bersifatformal untukmenghasilkan lulusan mutafaqqih fiddin (ahli ilmu agama Islam) guna menjawab atas langkanya kader mutafaqqih fiddin. PDF diselenggarakan oleh dan berada di pesantren yang dilakukan secara terstruktur dan berjenjang pada jalur pendidikan formal.

Di samping itu, PDF juga merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas kelembagaan dunia pesantren,di samping sebagai ikhtiar konservasi tradisi akademik tafaqquh fiddin dan pengembangan disiplin ilmu-ilmu keagamaan Islam dengan kurikulum yang dikembangkan dengan landasan filosofi yang berkaitan erat dengan Pancasila dan UUD NKRI 1945.

Saat ini, menurut Irwan Kementerian Agama mewujudkan lulusan yang Kompetensi pengetahuan agama Islam yang handal dan mampu menguasai teknologi. Dunia digital menjadi ladang dunia dalam segala aspek kehidupan. “Maka kita harus siapkan produk (generasi) kita yang dapat menguasai teknologi disamping ilmu agama yang dikuasai, ” ujar Irwan.

BACA JUGA  Sederhana, Peringatan HAB Kemenag 75 di Kab. Solok

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh 2 (dua) Seksi Pendidikan Diniyah Formal dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kota Solok dan Kabupaten Solok.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok H.Alizar , Kepala Kankemenag Kota Solok diwakili Kasubbag Tata Usaha H.Emil Isra, Kasi PD Pontren Kota Solok H. Amril dan Kasi PD Pontren Kabupaten Solok Dewi Sasmita serta diikuti oleh 30 pimpinan Ponpes Kota Solok dan Kabupaten Solok.

reporter : Diana editor : Moentjak

baca juga :

Facebook Comments

loading...