Kepala BNPB Tinjau Banjir Solok Selatan

Kepala BNPB Doni Munardo sedang mendegar penjelasan dari Bupati Solok Selatan terkait musibah yang terjadi.

Muara Labuh, SuhaNews. Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) beserta rombongan datang ke Solok Selatan, Jumat (13/12) untuk melihat kondisi nagari Seribu Rumah Gadang yang porak poranda akibat banjir.

Rombongan disambut oleh Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria Kapolres Solok Selatan dan jajaran AKBP Imam Yulisdianto S.I.K M.H, Waka Polres Solok Selatan Kompol Ediwarman M.H diikuti oleh Para Kasat, Kasi, Perwira Polres Solok Serta Personil Polres Solok Selatan.

Di Muara Labih, rombongan BNPB dibawa melihat kondisi disekitar Masjid Raya Muara Labuh dan kampung Terandam sekitar Pasar Muara Labuh. Kemudian kelokasi lain yang terkena banjir dari batang Suliti, batang Bangko dan Batang Lolo.

“Kami berharap agar memberikan diberikan bantuan pembangunan cek dam seiliran Batang Suliti. Kasihan masyarakat yang berada di seiliran batang Suliti. Termasuk daerah Kampung Tarandam,” ujar Bupati kepada Kepala BNPB.

Salah satu lokasi yang rusak parah akibat banjir di Solok Selatan

Ia juga mengatakan bahwa Batang Suliti yang melintasi Pasir Talang juga sudah mengancam pemukiman penduduk yang berada disana, sehingga dibutuhkan perhatian dari pemerintah pusat.

Senada, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan juga berharap yang sama. Ia berharap kepada Kepala BNPB dapat menyampaikan aspirasi masyarakat di Solsle terkait normalisasi Batang Suliti tersebut, dimana usulannya sudah disampaikan langsung oleh Bupati bersama pihak Balai Sungai ke pemerintah pusat.

Batang Suliti tersebut menurut Armen menyebabkan banjir di beberapa titik, termasuk di Kampung Tarandam. Ia berharap agar nama “Kampung Tarandam”, suatu saat tinggal sebuah kenangan dengan adanya penanganan banjir tersebut

Menanggapi itu, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa pihaknya akan segera membentuk tim gabungan, baik Kementerian PU&PR, Pertanian, LHK, dan unsur lainnya, untuk melakukan penelitian ke lapangan, termasuk melakukan pengecekan ke hulunya.
“Hasilnya itu yang akan kita tindaklanjuti untuk penanganan lebih lanjut,” ujarnya menutup pembicaraan. Red dari berbagai sumber.

 

 

Facebook Comments

loading...