Ketua Dekranasda Pariaman: Sulaman Kapalo Penitik Nareh Akan Dipatenkan

ketua
Pariaman, SuhaNews – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius membuka acara Sosialisasi Pendaftaran Indikasi Geografis Sulaman Kapalo Penitik Khas Nareh Kota Pariaman di Aula Kantor Camat Pariaman Utara, Kamis (16/6/2022).

“Pemerintah Kota Pariaman akan mematenkan Sulaman Kapalo Penitik agar tidak diklaim daerah lain,” ujar Ny. Lucyanel Genius.

Baca juga: UKM Kuliner Padang Panjang Ikuti Halal bihalal se-Jabodetabek

Kita akan mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk menjadikan sulaman kapalo penitik ini, indikasi geografisnya berada di Kota Pariaman khususnya di Nareh dan tidak bisa diklaim oleh daerah lain.

Ny. Lucyanel Genius juga mengungkapkan bahwa sebagai pembina kerajinan daerah Kota Pariaman, kami berkeinginan dan memiliki perhatian serta peduli terhadap kelestarian dan eksitensi sulaman kapalo penitik khas Nareh agar tetap dikenal dan tidak di klaim oleh daerah lain.

“Hal ini akan mengangkat kawasan indikasi geografis yaitu Nareh dan sekitarnya terutama Kota Pariaman agar semakin dikenal masyarakat baik nasional bahkan internasional”, ulas Ny. Lucyanel Genius.

Lebih lanjut, Ny. Lucyanel Genius yang juga Ketua TP-PKK Kota Pariaman menjelaskan bahwa setelah sosialisasi ini, akan dibentuk secara bersama masyarakat yang berada di Kecamatan Pariaman Utara untuk membentuk kepengurusan Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG) sulaman kapalo penitik.

“Ini adalah satu persyaratan untuk pendaftaran indikasi geografis sulaman kapalo penitik yang artinya mereka peduli terhadap kekayaan intelektual didaerahnya”, terangnya.

“Kedepan, kami berharap kerjasama dari kepala desa, niniak mamak dan pelaku industri sulaman di Kota Paiaman untuk aktif dan bersemangat dalam mendaftarkan sulaman kapalo penitik khas Nareh agar memperoleh perlindungan hukum untuk kemajuan dan kesejahteran masyarakat Nareh dan sekitarnya”, pungkasnya mengakhiri. (rika)

BACA JUGA  Rogoh Kocek 2 Juta, Kakanwil Kemenag Ajak Bangun Masjid MAN 1 Solok

Baca juga: Wakili Bukittinggi, Kubu Gulai Bancah Dikunjungi Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Sumbar 2022

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMTsN Padang Panjang Hapuskan 2678 Unit BMN
Artikulli tjetërMeningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Melalui Salat 5 Waktu