Kopdar Alto Mania Sumbar IV Meriah dan Mengesankan

alto
Taram, SuhaNews – Alto Mania Sumatera Barat,  sebuah paguyuban lintas komunitas mobil-mobil ALTO (All Terrain Off Road) wilayah Sumatera Barat melakukan Kopdar keempat, 12-13 Maret 2022 di Buluah Kasok Taram (Bulkatar), Kecamatan Harau. Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Paguyuban ini terdiri dari berbagai macam komunitas, berbagai macam merek dan jenis mobil,” ujar Ketua Alto Mania Sumbar, Feri Fren didampingi Sekretaris, Adek Yosi Putra dan bendahara Wildi.

Baca juga: Komunitas Motor ATMC Danau Kembar Kopdar, Isi dengan Pengajian

Dalam implementasinya, jelas Feri Fren, Alto Mania Sumbar tidak memiliki anggaran dasar, anggaran rumah tangga, iyuran wajib dan iyuran sukarela yang bisa memberatkan anggota.

Paguyuban ini murni dibuat untuk menambah dan memperbanyak saudara. Dengan banyaknya memiliki saudara di mana-mana akan membuat hidup terasa lebih indah dan nyaman.

“Paguyuban ini merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan hobi dalam memodifikasi mobil-mobil seperti dalam meninggikan mobil serta memakai ukuran ban yang lebih besar dari standarnya sehingga bisa berjalan di daerah-daerah ekstrem,” tambah Feri Fren.

Alto Mania Sumbar, jelasnya,  berdiri pada Mei 2021. Dalam usia yang belum sampai satu tahun ini, Alto Mania Sumbar telah memiliki anggota sebanyak 122 orang yang tersebar di18 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Alto Mania Sumatera Barat berada di bawah naungan Alto Mania Indonesia yang ada di setiap provinsi.

Pada bulan Juni tahun 2021 Kopdar pertama dilaksanakan di Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi. Kopdar kedua pada bulan September 2021 bertempat di Sijunjung. Kopdar ketiga bulan Desember 2021 di Kota Bukittinggi.

“Kopdar Alto Mania Sumbar keempat ini berbeda dengan kopdar sebelumnya,” jelas Feri Fren.

Perbedaannya, pada malam minggunya disediakan Orgen Tunggal. Demikian juga dengan dukungan dari pihak eksternal seperti RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) yang memfasilitasi komunikasi bagi peserta karena daerah-daerah yang dilalui peserta touring tidak memiliki signal untuk Handphone.

Demikian juga dengan dukungan komunitas mobil MAC (Mudiak Adventur Club). Kehadiran MAC dengan unit mobil 4×4 nya untuk mendukung dalam kegiatan evakuasi kendaraan kalau seandainya kendaraan peserta terjadi Trouble (kesusahan) dalam kegiatan touring yang melewati jalan yang berlumpur, memasuki hutan serta sungai-sungai dengan jenis tantangan dan kedalaman yang bervariasi.

BACA JUGA  H. Fuadi Tinjau UAMBN-BK Perdana MTsN 3 Solok

“Peserta yang ikut dalam kegiatan touring sekitar 70 unit kendaraan ditambah dengan beberapa  kendaraan jenis Green Lane Offroad dari MAC dan sepeda motor jenis trabas dari anggota RAPI Kabupaten Lima Puluh Kota,” papar Feri Fren.

Kegiatan pada Sabtu, 12 Maret 2022 sampai malam minggunya bertempat di Kapalo Banda Taram. Peserta yang hadir melakukan kegiatan camping dengan membawa tenda, makanan dan minuman untuk makan bersama oleh masing-masing peserta.

Suasana akrab terus menyelimuti keindahan malam, semua peserta yang hadir disuguhi dengan hiburan berupa orgen tunggal. Peserta menyanyi untuk melepaskan bakat yang selama ini terpendam. Sorak sorai peserta, tawa canda, guyonan dan goyangan mengiringi irama lagu menambah hangatnya suasa malam dengan suasana yang penuh keakraban.

Minggu, setelah sarapan pagi dilanjutkan dengan ramah tamah untuk membahas perkembangan paguyuban Alto Mania Sumbar ke depan. Untuk anak-anak diadakan berbagai macam jenis perlombaan yang dipandu oleh ante-ante. Semua anak-anak yang ikut lomba diberi hadiah yang berasal dari sumbangan anggota Alto Mania Sumbar.

Selanjutnya setelah sholat zuhur kegiatan dilanjutkan dengan jelajah alam Bulkatar. Rute jalan yang dilalui diawali dengan memasuki hutan perawan yang kaya dengan oksogen, selanjutnya melintasi kubangan lumpur dan mengarugi sungai-sungai. Kegiatan perjalanan touring berakhir di Bukit Bulek pada sore harinya. Setelah Sholat Ashar di Surau Tuo Taram peserta kegiatan memisahkan diri untuk kembali ke daerah masing-masing. (Fef/Wewe)

Baca juga: Richi Aprian Promosikan Parwisata Tanah Datar melalui Komunitas Otomotif

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMahasiswa Poltekes Kemenkes Padang PKL di Kabupaten Solok
Artikulli tjetërCukur Mallorca 3-0, Real Madrid Kian Dekat dengan Gelar LaLiga