Kota Pariaman akan Membangun Eko Edukasi Wisata Holtikultura

akan
Pariaman, SuhaNews – Pemko Pariaman akan membangun eko edukasi wisata holtikultura dan taman kelestarian linkungan di sepanjang bantaran sungai yang ada di Kota Pariaman.

“Program ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan di masa pandemik Covid-19,” ujar Walikota Pariaman, Genius Umar, Kamis (21/1/2021).

dalam upaya mewujudkan program ini. Walikota Pariaman, Genius Umar, didampingi Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril, serta Inspektur Yota Balad, Kadis. Kominfo Hendri mengunjungi Balai Pembibitan Benih dan Holtikultura Provinsi Sumbar yang terletak di Kota Padang, Kamis (21/1/2021).

Rombongan Wako Pariaman disambut Kepala UPTD Balai Benih Induk Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar, Elviana Anwar.

Walikota dan rombongan berkeliling mengitari lokasi pembibitan benih berupa benih ikan dan benih tanaman hias, tanaman pangan yang berupa taman-taman yang indah.

“Tujuan kita datang ke Balai Benih Induk Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar ini adalah untuk sinkronisasi program pertanian dan holtikultura Kota Pariaman dan Provinsi Sumbar  pada tahun 2021 ini,”  jelas Wako Genius Umar, sebagaimana dirilis MC Kota Pariaman.

Kota Pariaman akan menyingkronkan program dengan Provinsi Sumbar dengan membuat taman-taman eko edukasi wisata holtikultura dan taman kelestarian lingkungan di sepanjang bantaran sungai yang ada di Kota Pariaman.

“Program ini sebagai tempat dan taman edukasi pendidikan bagi anak-anak untuk mengenal keanekaragam jenis tanaman,” sambung Genius.

Dengan adanya taman-taman tersebut, jelas Wako Genius Umar, dapat menjaga ketahan pangan, juga mampu bernilai Ekowisata atau ekoturism sebagai pendongkrak kegiatan kepariwisataan yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

BACA JUGA  63 Bakal Calon Kepala Daerah Positif Covid-19, Termasuk di Sumbar

Kepala UPTD Balai Benih Induk Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar, Elviana Anwar, menyambut positif keinginan Wako Pariaman ini.

“Program Wako Pariaman ini sangat sejalan dengan program Kementerian Pertanian (Kementan), yang mendukung pemerintah daerah dalam melakukan gerakan percepatan olah tanah dan tanam sebagai lahan produktif,” ujar Kepala UPTD Balai Benih Induk Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar, Elviana Anwar.

UPTD Balai Benih Induk Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar siap membantu dan bersinergi dengan Pemko Pariaman untuk pengembangan eko edukasi wisata holtikultura dan taman kelestarian lingkungan di Kota Pariaman. (*/Wewe)

Baca juga:

Facebook Comments

loading...