Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Pelatihan Wasit Pomnas

Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Pelatihan Wasit Pomnas
SuhaNews–Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) yang akan digelar Tahun 2022 di Sumatera Barat nanti, panitia menunjuk Pemko Pariaman menjadi tuan rumah untuk pelatihan wasit dan juri se Sumatara Barat. Pelatihan wasit dan juri keluarga besar tarung derajat (kodrat) dilaksanakan di Lantai 3 Plaza Pariaman, Minggu (5/12).

Walikota Pariaman, Genius Umar saat membuka pelatihan tersebut mengapresiasi kegiatan ini dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) Kodrat yang telah menunjuk Kota Pariaman sebagai tuan rumah pelatihan wasit dan juri.

Baca juga: Pariaman Tengah Gelar Liga Dangdut Parteng Segeh 2021

“Untuk pertama kalianya Kota Pariaman menjadi daerah yang ditunjuk sebagai tempat pelatihan wasit dan juri kodrat se Sumbar. Pelatihan ini hendaknya mampu mewujudkan wasit/juri yang terlatih dan kompetitif box dalam melakukan penilaian saat kompetisi kodrat daerah maupun nasional, khususnya nanti pada Pomnas 2022 yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat, “ ungkapnya.

Beberapa akhir pekan ini, Kota Pariaman telah sukses dalam melaksanakan kegiatan perlombaan khususnya di bidang olahraga. Kota Pariaman sering menjadi tuan rumah pada beberapa iven olahraga tingkat nasional. Hal ini disebabkan oleh beberapa pendukung kegiatan tersebut telah disiapkan dan berstandar nasional.

Baca juga: Nol Budgeter, Pemko Pariaman Buka Akses Jalan di Desa Cudadak Air

“Kota Pariaman sering menjadi tuan rumah pada iven – iven olahraga tingkat nasional. Ini karena Kota Pariaman punya pendukung yang telah berstandar nasional, seperti sirkuit sepatu roda dan Gor Radjo Bujang. Mungkin dengan hal itulah pemerhati olahraga dan orang – orang yang terlibat langsung pada iven olahraga menunjuk Kota Pariaman sebagai tempat dilakasanakan kegiatannya. Ini menjadi prestasi bagi kita di Kota Pariaman, “ tambahnya.

BACA JUGA  Desa Wisata Kubu Gadang Kembali Menggeliat

Ia menambahkan Pemko sangat mendukung penunjukan Kota Pariaman sebagai tuan rumah. Ia juga berharap dengan adanya pelatihan ini, maka para wasit dan juri kodrat mempunyai bekal yang cukup baik pengetahuan maupun wawasan menjadi wasit dan juri yang jauh lebih baik dan propesional.

Sementara itu ketua Harian Tarung Derajat Kota Pariaman, Syahrizal mengatakan bahwa pelatihan ini diikuti oleh perwakilan kota/kabupaten di Sumatera Barat yang berjumlah sebanyak 75 orang. Tujuannya adalah untuk memberikan keterampilan dan ilmu dalam memimpin pertandingan kepada calon wasit dan juri.

“Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk memberikan bekal agar calon wasit dan juri dapat memimpin pertandingan baik tingkat daerah maupun nasional. Rencananya pelatihan kedua kembali akan dilakukan di Kota Pariaman pada Bulan Januari 2022 dengan peserta yang lebih banyak karena pelatihan ini dilakukan untuk mematangkan para wasit dan juri pada Pomnas 2022 di Sumatera Barat yang ditempatkan di Universitas Negeri Padang (UNP), “ ungkapnya.

Ia berharap dengan mendatangkan nara sumber yang telah memiliki lisensi tingkat internasional diyakini akan mampu mencetak wasit dan juri yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, karena prestasi olahraga tidak hanya dilakukan oleh atlet saja akan tetapi peran wasit, juri dan pelatih juga menentukan berkembangnya prestasi suatu cabang olahraga. Rel

Baca juga: TP-PKK Kota Solok Gelar Outbound di Anai Resort Padang Pariaman

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDiguyur Hujan, Gubernur Mahyeldi Resmikan Destinasi Wisata Lembah Batu Limo
Artikel berikutnyaWalikota Solok Lepas Personil Damkar Masuki Purnabakti