Kota Solok Gelar Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah

kota
Padang, SuhaNews – Pemerintah Kota Solok gelar kegiatan Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Selasa *8/2) di Hotel Pangeran Beach Padang.

Kegiatan yang dibuka Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar dihadiri Kepala perwakilan Bank Indonesia Wilayah Provinsi Sumbar, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumatera Barat dan Sekretaris Daerah Kota Solok serta Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan dan 40 perserta yang berasal dari OPD terkait.

Baca juga: Tanah Datar Raih TPID Award Tingkat Nasional Perdana

“Kegiatan ini dalam rangka penyusunan peta jalan pengendalian inflasi daerah Kota Solok tahun 2022-2024,” jelas Zul Elfian.

Pembentukan TPID ini, jelas Zul Elfian, dimaksudkan agar daerah melakukan pengendalian untuk menjaga laju inflasi yang rendah dan stabil, sebagai prasyarat pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

“Tiga bulan terakhir, mulai dari November 2021 sampai Januari 2022 ini masyarakat diresahkan dengan kenaikan harga minyak goreng sehingga berkurangnya aksesibilitas masyarakat terhadap bahan pangan pokok yang dibutuhkan masyarakat setiap hari” ucap Wako.

“Tim diharapkan mampu menjaga kestabilan harga,” harap Zul Elfian.

Ini perlu dilakukan, tambah Walikota, dengan melakukan pemantauan secara berkala baik pantauan pasokan pangan maupun harga, karena antara pasokan terjadi sinergi yang berbanding lurus.

Kalau pasokan berlebih, tambah Zul Elfian Umar, ada kecendrungan harga akan turun begitu juga sebaliknya, kurangnya pasokan akan mengakibatkan lonjakan harga, dan ini sering terjadi pada hari-hari besar keagamaan.

“Untuk menurunkan inflasi pada level yang rendah dan stabil perlu dukungan dari Pemerintah yang mempunyai kewenangan untuk mengatasi gangguan (shocks) dari sisi penawaran (supply), termasuk terkait gejolak harga pangan dan harga yang diatur pemerintah,” jelas Wako Zul Elfian.

BACA JUGA  Covid-19 Kab Solok: 28 Terkonfirmasi, 15 Diantaranya di Nagari Panyakalan

Wako meminta tim untuk segera menindaklanjutinya dengan penyusunan Peta Jalan Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022-2024. (Wewe)

Baca juga: Walikota Zul Elfian Pimpin Rakor Lomba Sumdarsin Bersama Forkopimda

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKWT Anggrek Bulan Kota Pariaman Terima KWT Nuansa Indah Solok
Artikulli tjetërPemko Sawahlunto Sampaikan Usulan Penambahan Prodi untuk PSDKU UNP