Kurangi Kerumunan Di Era New Normal KPU Solok Selatan Tambah TPS

solok
SuhaNews. – Guna mengurangi kerumunan warga Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat akan menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilihan kepala daerah saat Pendemi COVID-19.

“Karena tahapan dilaksanakan saat pandemi COVID-19 maka pemilih yang awalnya satu TPS 800 orang akan berkurang menjadi 500 pemilih sehingga akan ada penambahan TPS. Kami sudah melakukan pemetaan dan kemungkinan tambahannya 60 TPS,” kata Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita, di Padang Aro, Rabu.

Dengan adanya penambahan 60 TPS, maka saat Pilkada nanti TPS keseluruhan akan berjumlah 460 TPS.

Dia mengatakan dengan adanya penambahan TPS otomatis juga akan terjadi kenaikan anggaran dan ini sudah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

“Dengan adanya penambahan TPS kemungkinan tambahan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp3 miliar,” ujarnya.

KPU, katanya juga resturisasi atau mengalokasikan anggaran yang tidak dibutuhkan saat pendemi COVID-19 ke sektor lainnya.

Contohnya sosialisasi tatap muka yang mengundang banyak orang serta butuh biaya gedung sekarang dilaksanakan melalui virtual meeting dan anggarannya akan dialihkan ke sektor lain seperti membeli masker maupun sarung tangan.

Ia menyebutkan sesuai dengan rapat dengar pendapat antara Komisi dua DPR RI dengan KPU pusat, Bawaslu, DKPP dan Kemendagri tahapan Pilkada dimulai 15 Juni 2020.

Akan tetapi katanya, KPU daerah masih menunggu PKPU tentang tahapan dan jadwal melaksanaka semua tahapannya.

Sesuai hasil koordinasi dengan KPU RI katanya, PKPU tentang tahapan dan jadwal ini tinggal di Undangkan oleh Kemenkumham.

“Semoga dalam waktu satu atau dua hari kedepan PKPU sudah di undangkan sehingga KPU bisa menjalankan semua tahapan,” ujarnya.

Editor: Lim Sumber : Sumbar. Antaranews.com

Baca juga :

Facebook Comments

loading...