Libur Lebaran 1443 H/2022, Pessel Buka Semua Objek Wisata

libur
Pesisir Selatan, SuhaNews – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memastikan membuka seluruh objek wisata di daerah itu pada libur lebaran Tahun 1443H/2022.

“Kita sedang membenahi sarana dan prasarana objek wisata supaya pengunjung merasa nyaman saat berlibur,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Suhendri.

Baca juga: Lonjakan Pemudik, Gubernur Sumbar Buka Rakor Persiapan Angkutan Lebaran

Suhendri optimis tingkat kunjungan wisatawan selama musim libur lebaran tahun ini jauh lebih ramai daripada dua tahun sebelumnya.

“Peningkatan pengunjung secara otomatis akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Retribusi masuk kawasan selama musim libur lebaran ditargetkan sebesar Rp50 juta,” tambah Suhendri. 

Target itu lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya yang hanya Rp15 juta. Sedangkan sepanjang tahun ini pemerintah kabupaten menargetkan PAD dari sektor pariwisata sekitar Rp1,04 miliar.

“Penyumbang terbesar adalah kawasan Carocok Painan, mencapai 50 persen dari total target per tahun,” jelas Suhendri.

Meski demikian menurutnya tujuan utama pengembangan pariwisata daerah adalah bagaimana memiliki manfaat lebih luas pada lapangan usaha lainnya seperti perdagangan, perhotelan, restoran, jasa dan industri kreatif lainnya.

Pemerintah kabupaten selama lima tahun terakhir menargetkan lebih dari 3 juta kunjungan wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun domestik dengan rata-rata lama menginap 1,5 hari.

Sedangkan omset industri kreatif sebesar Rp50 miliar dengan adanya dukungan sektor pariwisata. Namun yang tak kalah penting adalah masuknya investasi. (*)

Baca juga: Pulang Lebaran, Warga Diimbau Supaya Tes Swab

Facebook Comments

BACA JUGA  Satpol PP dan Damkar Tertibkan Lapak PKL di Pantai Carocok
loading...
Artikulli paraprakGubernur Mahyeldi Ansharullah Singgah Sahur di Padang Tiakar
Artikulli tjetërSilaturahmi di Bangkalan, Ketua DPD RI Serap Aspirasi Para Kyai