LKP Pembangunan Kota Solok Laksanakan Program Pendidikan Kecakapan Kerja

LKP
Suhanews – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Pembangunan Kota Solok melaksanakan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dengan keterampilan Desain Grafis untuk masyarakat lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi serta belum memiliki pekerjaan.

Pimpinan LKP Pembangunan Kota Solok Syamsumar kepada Suhanews.co.id, Jumat (19/11/2021), kegiatan ini berlangsung dari 27 September sampai dengan 9 November 2021 di LKP Pembangunan Kota Solok, Jalan Syekh Kukut Depan STAI Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok.

LKP

“Program ini bekerjasama dengan Dunia Usaha bidang Percetakan dan Advertising: Faizza Printing, Quantum Advertising, Studio Shashin Digital, Bansar Duo Offset, Anto Production,” ujar Syamsumar.

Sumber dana dari bantuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Kursus dan Pelatihan. Jadi Program ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca juga: Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Gelar Pelatihan Penulisan Esai

Program ini diikuti oleh 20 Siswa. Pada Pelaksanaan program ini, siswa dilatih mengoperasikan aplikasi desain grafis yaitu Corel Draw dan Photoshop, serta produksi hasil desain seperti : Undangan, Mug, Name Tag, ID Card,Cover kemasan produk dan lain-lain. Diharapkan siswa dapat memiliki keterampilan desain grafis dan siap bersaing di dunia kerja dan dunia usaha.

Setelah menyelesaikan pembelajaran, siswa diuji oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital dengan hasil 19 Siswa Kompeten, serta sampai hari ini sudah 4 siswa yang direkrut oleh dunia usaha, “Setelah belajar kami juga menyalurkan siswa ke dunia usaha dan industri”serta memberikan kesempatan berusaha di usaha lkp pembangunan bagi yang belum tersalurkan , Syamsumar menambahkan.

LKP

Program PKK ini ditutup oleh Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kota Solok, Bapak Amriyulis, M.Pd, serta didampingi oleh Kasi Kurikulum Nelwati, S.Pd.

BACA JUGA  Polda Sumbar Tetapkan Oknum Wali Nagari dan 6 Lainnya Sebagai Tersangka Tambang Ilegal

Dalam penutupan, Amriyulis M.Pd mengatakan bahwa program ini sangat membantu generasi muda untuk membekali diri dengan keahlian (keterampilan) agar dapat bersaing mendapatkan kesempatan kerja yang pada akhir akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beliau memberikan aplus kepada lembaga keterampilan Pembangunan atas partisipasinya di tengah masyarakat.

Lembaga keterampilan Pembangunan tidak saja memberikan pelatihan juga membimbing para peserta untuk bisa berusaha dengan menyediakan tempat praktek usaha bagi alumni peserta pelatihan yang belum bekerja. Ini dapat dapat di lihat dengan banyaknya alumni lkp pembangunan yang telah buka usaha dan bekerja di dunia usaha advertising khususnya kota solok dan sumatera barat umumnya.

Pimpinan LKP Pembangunan Kota Solok berharap, agar Program ini terus berlanjut untuk tahun berikutnya, karena program ini terbukti membantu masyarakat untuk mendapatkan keterampilan serta memiliki nilai tambah untuk mendapatkan pekerjaan, karena orientasi dunia usaha dan industri sekarang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas, Perangkat Nagari Bayua Ikuti Pelatihan

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaSantri Ponpes Al Kautsar Raih Juara Favorit pada Lomba Peringatan Harlah Muhammadiyah 109
Artikel berikutnyaRossoneri Takluk Perdana di Serie A: Fiorentina Tekuk AC Milan 4-3