MAN 2 Bukittinggi Gelar Penilaian Tengah Semester

MAN 2 Bukittinggi Gelar Penilaian Tengah Semester
Bukittinggi, SuhaNews. Selama lima hari sejak 4 Oktber 2021 yang lalu, siswa MAN 2 Bukitinggi mengikuti penilaian tengah semester (PTS) Ganjil Tahun Ajaran 2021- 2022.

Plt Kepala MAN 2 Bukittinggi, Deswita menyampaikan bahwa, PTS sebagai salah satu rangkaian proses belajar mengajar, penilaian tengah semester merupakan agenda rutinan untuk mengevaluasi kemampuan pengetahuans siswa pada minggu ke 8- 9 pada semester berjalan.

Penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar oleh pendidik yang dilakukan secara berkesinambungan bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

“Meskipun masih dalam masa pendemi kegiatan evaluasi rutinan tengah semester tahun ini bisa dilaksanakan secara tatap muka. Namun dalam pelaksanaannya madrasah komitmen dan konsisten dalam penerapan protokol kesehatan,” tutur Deswita.

Selanjutnya Deswita menyebut, PTS tidak hanya sekedar rutinitas evaluasi yang menguji aspek pengetahuan saja namun juga dapat meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tengah semester ganjil ini. Hasil evaluasi ini juga bisa sebagai acuan penilaian bagi pendidik dan madrasah.

Lebih lanjut Deswita menyampaikan bahwa MAN 2 siap secara fasilitas untuk protokol kesehatan, selain mengecek suhu tubuh setiap siswa dan pendidik saat memasuki lingkungan madrasah juga mengkondisikan agar tidak terjadi kerumunan di madrasah.

“Sehingga kegiatan PAT ini dilakukan dua sesi yaitu sesi pagi untuk siswa kelas X dan XI serta sesi siang untuk siswa kelas XII. Apabila ada siswa yang kurang sehat, maka disarankan untuk mengikuti ujian secara daring,’’ tambah Deswita.

Menurut Nelma Hasni, selaku Ketua Panitia ujian semenjak dilaksanakannya pembelajaran tatap muka dengan sistem shifting di madrasah dari bulan Agustus 2021 lalu MAN 2 mencoba untuk pelaksanaan PTS secara tatap muka.

BACA JUGA  Ada 23 Kegiatan Ekstra Kurikuler di MAN 2 Bukittinggi

‘’Pendemi telah banyak membawa perubahan baik dalam suasana belajar maupun spirit siswa terhadap proses pembelajaran. Melalui evaluasi tengah semester yang dilaksanakan secara tatap muka ini diharapkan dapat membuat siswa merasakan Kembali menjadi siswa sesungguhnya. Selama pembelajaran daring 2 tahun terakhir banyak dampak terhadap motivasi belajar siswa. Diharapkan dalam waktu dekat pemerintah mengizinkan siswa untuk belajar secara full di madrasah,’’ harap Nelma. Yuli /Syafrial|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBupati Pessel Rusma Yul Anwar, Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir di BAB
Artikel berikutnyaWagub Audy Joinaldy Semangati Para Atlit PON Sumbar