Masa Jabatan Berakhir, Sekda Irwandi Menjadi Plh Bupati Tanah Datar

jab
Tanah Datar, SuhaNews – Sekda Tanah Datar Irwandi diamanahkan menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati Tanah Datar sesuai radiogram Plh. Gubernur Sumatera Barat. Pengangkatan Plh ini untuk mengisi jabatan kekosongan pimpinan di pemerintahan karena belum dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Jabatan Bupati Tanah Datar periode 2016-2021 telah berakhir, namun pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 9 Desember 2020 tertunda. Sesuai aturan perundang-undangan mengenai jabatan pimpinan daerah dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah selaku pelaksana harian, sesuai radiogram yang dikirimkan Plh. Gubernur Sumatera Barat nomor T.120/86/PEM-2021 tanggal 15 Februari 2021,” ungkap Irwandi saat acara pisah sambut, Rabu (17/2/2021).

Serah terima ini dihadiri Ketua DPRD Roni Mulyadi bersama istri, Wakil Ketua DPRD Saidani, Forkompinda Tanah Datar dan Padang Panjang beserta isteri, Ketua TP PKK Sisa Periode 2016-2021 Ny. Retri Zuldafri, Wakil Ketua TP PKK Ny. Rina Irwandi, Rektor IAIN Batusangkar, pimpinan lembaga, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, LKAAM, KAN, BPRN dan Wali Nagari, perwakilan dari bupati dan wakil bupati terpilih serta undangan lainnya.

Irwandi berharap proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar periode 2021-2026 segera dilaksanakan dengan lancar, agar tidak mengganggu roda pemerintahan.

“Selaku pelaksana harian, banyak tugas dan kewenangan yang tidak dapat dilakukan sepenuhnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Irwandi.

Sambil menunggu jadwal pelantikan, tambah Irwandi, pemerintah daerah tetap bekerja menjalankan program dan kegiatan yang telah dirancang sesuai aturan yang berlaku.

“Mohon dukungan dan kerjasama forkompinda, ASN, insan pers, dan seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar,” harap Irwandi.

Berakhirnya masa jabatan bupati Almarhum Bapak Irdinansyah Tarmizi dan Bapak Zuldafri Darma. Irwandi menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi keduanya selama ini.

BACA JUGA  Dukung Perda AKB, Polda Sumbar Ajak Masyarakat Disiplin Prokes

“Mudah-mudahan dicatat sebagai amal ibadah di sisi-Nya,” tuturnya di depan Bupati sisa masa jabatan 2016-2021 Zuldafri Darma.

Sementara itu H. Zuldafri Darma menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerjasama Pimpinan DPRD beserta anggota, Forkompinda, jajaran ASN, perantau, dan seluruh pihak dalam menjalankan amanah bersama Almarhum Bapak Irdinansyah Tarmizi.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan kami menyampaikan mohon pamit, permohonan maaf atas nama Almarhum Bapak Irdinansyah Tarmizi beserta keluarga dan Zuldafri Darma beserta keluarga, atas segala kekhilafan dan kekurangan dalam menjalankan tugas, tidak semua harapan dan keinginan masyarakat bisa dipenuhi,” ujarnya.

Sesuai visi misi yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021, jelas Zuldafri Darma,  telah ditetapkan 4 prioritas pembangunan yakni peningkatan kualitas SDM, peningkatan sektor pertanian, peningkatan sektor pariwisata dan peningkatan pelayanan publik.

“Banyak hal yang sudah dilakukan dalam 5 tahun terakhir untuk masyarakat Tanah Datar, program pembangunan fisik dan non fisik dilaksanakan sesuai visi dan misi yang sudah ditetapkan, tujuannya tidak lain untuk kemajuan Tanah Datar yang kita cintai,” ungkapnya

Zuldafri katakan untuk peningkatan kualitas SDM menjadi perhatian pemerintah daerah di tengah keterbatasan Sumber Daya Alam yang dimiliki.

jab“Sebuah kebanggaan bagi masyarakat Tanah Datar menjelang berakhir masa jabatan periode ini, dalam waktu tidak lama  IAIN Batusangkar akan menjadi Universitas Islam Negeri Batusangkar dan juga Akademi Komunitas Tanah Datar juga meningkat statusnya. Selamat buat IAIN Batusangkar dan Akademi Komunitas Tanah Datar,” katanya.

Selain itu, di bidang keagamaan jumlah rumah tahfiz sudah mencapai 213 buah di mana 6 buah pada awal periode jabatan.

“Seiring dengan itu tentunya anak-anak yang hafiz alquran dari berbagai tingkatan juga meningkat. Tinggal bagaimana meningkatkan kualitas seiring kuantitas yang luar biasa meningkat,” tukasnya. (Dajim)

BACA JUGA  Covid-19 Kabupaten Solok: Suspek Dirawat dan Kasus Konfirmasi Bertambah

Baca juga:

Facebook Comments

loading...