Masuk 3 Besar, Kelompok Dasawisma Berlian 22 Paninjauan Dinilai Tim Kab. Tanah Datar

ber
Tanah Datar, SuhaNews – Tim Penilai Dasawisma berprestasi tingkat Kabupaten Tanah Datar melakukan penilaian dan verifikasi lapangan terhadap kelompok Dasawisma Berlian 22 Jorong Hilie Balai Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, Rabu (20/01).

Tim ini dipimpin Wakil Ketua I TP PKK Ny. Sil Harfian Fikri. Kelompok Dasawisma Berlian 22 dengan ketuanya Yeni Kamzak terpilih menjadi salah satu kelompok dasawisma di Kabupaten Tanah Datar  yang masuk tiga besar.

“Sebelumnya dilakukan penilaian administrasi secara virtual oleh tim kabupaten dan telah dinyatakan lulus tiga besar kelompok dasawisma pada tahun 2021 ini,” ujar Ny. Sil Harfian Fikri.

Penilaian ini juga dhadiri oleh Ketua TP PKK Kecamatan Ny. Suci Khairunnas, dan Ketua BPRN Nagari Paninjauan.

Administrasi kelompok, jelas Sil Harfian Fikri, merupakan kunci utama dalam penilaian. Dukungan dari semua unsur baik pemerintahan maupun masyarakat juga mempunyai nilai lebih dalam menentukan hasil dari penilaian itu sendiri.

“ntara administrasi dan kondisi di lapangan harus seimbang karena kedua-duanya mempunya nilai tersendiri,” ujarnya.

Sementara Sekretaris TP PKK Tanah Datar Ny. Del Darfizal yang juga tergabung dalam tim mengatakan bahwa sejak tahun 2019 sampai sekarang penilaian dasawisma mengacu pada 10 kriteria dalam penilaian, di antaranya yang pertama adalah kelompok dasawisma yang dinilai harus berada dalam satu jorong dan semuanya akan ikut dinilai.

Selanjutnya ekspos yang disampaikan akan dibatasi waktunya dan ada item-item yang ditentukan untuk diekspos. Kelompok dasawisma yang akan dinilai sudah harus berada pada klasifikasi maju, artinya kelompoknya sudah terbentuk, pengelolaan administrasinya  sudah terisi dengan baik dan sempurna, sudah memiliki profil kelompok, sudah melaksanakan 10 program PKK secara rutin.

Di samping itu telah memiliki buku catatan kegiatan serta sudah ada kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan dengan hatinya PKK di tiap pekarangan rumah anggotanya dan sudah memiliki kebun kelompok dasawisma di masing-masing rumah dalam satu jorong yang dinilai.

BACA JUGA  Cegah Covid-19, PKK Kec. Kubung Sosialisasikan Gebrak Masker

“Kita akan memilih yang terbaik untuk menjadi wakil Tanah Datar ke tingkat provinsi sesuai dengan kondisi lapangan dan antusias kader,” ujar Ny. Del Darfizal.

Sementara Wali Nagari Paninjauan I.C. Dt. Batuah Nan Kuniang mengharapkan dengan adanya penilaian ini bisa menjadikan nagari Paninjauan semakin maju, damai segala sisi baik pemerintahan maupun pembangunannya.

“Semoga kelompok dasawisma Berlian 22 Jorong Hilie Balai bisa meraih prestasi maksimal dengan meraih juara 1 di tingkat kabupaten bahkan kalau perlu sampai ke tingkat nasional,” harap Wali Nagari Paninjauan I.C. Dt. Batuah Nan Kuniang.

Camat X Koto Khairunnas Y mendukung penilaian dasawisma. ini.

“Pemerintah kecamatan mendukung pelaksanaan kegiatan ini, kami juga mengapresiasi keaktifan dan semangat kader PKK Nagari Paninjauan di setiap kegiatan, salah satu buktinya antusias berbagai unsur organisasi wanita menyambut perlombaan ini,” ucapnya.

Tidak hanya di bidang PKK, Kecamatan X Koto juga sangat serius dalam pengembangan bidang agama, adat, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. (Dajim)

Baca juga:

Facebook Comments

loading...