Masyarakat Nagari Sijunjung Selenggarakan Bakaua Adat

masyarakat
Sijunjung, SuhaNews – Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen pertanian, masyarakat Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar acara Bakaua Adat, Senin (25/7/2022).

“Bakaua Adat merupakan bentuk rasa syukur dari masyarakat Sijunjung dari hasil panen yang telah diperoleh, serta harapan agar panen berikutnya tetap melimpah,” ujar Ketua Pelaksana kegiatan, Candra Irawan.

Baca juga: Gong Kembali Dipukul, Masyarakat Nagari Muaro Gelar Bakaua Adat

Bakaua Adat ini  dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan Festival Matrilineal Sumbar 2022 yang diadakan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar bersama Disdikbud Sijunjung.

“Kami melakukan prosesi Bakaua Adat, mulai pada subuh hari dengan menyembelih satu ekor kerbau,” jelas Candra Irawan.

Daging ini, tambah Candra Irawan,, akan diberikan kepada penghulu suku dan seterusnya kepada ninik mamak, kepada mamak rumah, barulah daging tersebut dibagikan kepada cucu kemenakannya untuk diolah.

Daging yang sudah diolah, dibagi dan dimasukkan ke dalam dulang, yang dijunjung oleh oleh bundo kanduang perwakilan dari setiap jorong di Nagari Sijunjung, perwakilan rumah gadang dan masyarakat umum yang ingin ikut melaksanakan Bakaua Adat.

Selanjutnya, para Bundo Kanduang tersebut melakukan arak-arakan dari tugu Bundo Kanduang di Perkampungan Adat menuju Tobek Balai Adat Nagari Sijunjung.

Lalu, setelah melakukan doa bersama, seluruh masyarakat yang hadir mengikuti prosesi Bakaua Adat makan bersama di Balai Adat tersebut.

“Terdapat kurang lebih 200 dulang yang dibawa oleh Bundo Kanduang. Ini juga sudah menjadi budaya yang melambangkan gotong royong dan kebersamaan kami disni,” tutur Candra.

Dikatakannya, sebelum hari pelaksanaan Bakaua, masyarakat Nagari Sijunjung juga mengadakan perlombaan pacu jawi, pawai obor dan malamang. (Dicko)

Baca juga: Muaro Takung, Sijunjung Gelar Bakaua Adat, Bupati Dharmasraya Mengapresiasi

Facebook Comments

BACA JUGA  Satres Narkoba Polres Payakumbuh, Gagalkan Peredaran 100 kilogram ganja
loading...
Artikulli paraprakDukung Pariwisata Danau Talang, Hj.Husnah Wakafkan Musala Megah
Artikulli tjetërKementerian Dukung Hilirisasi Produk Kelautan dan Perikanan Sumbar