Matsama di MTsN 4 Limapuluh Kota Diikuti 181 Siswa Baru

Matsama di Limapuluh Kota Diikuti 181 Siswa Baru
Gadut, SuhaNews. 181 siswa baru MTsN 4 Limapuluh Kota mengikuti masa ta’aruf siswa madrasah (Matsama) sebagai tanda dimulainya tahun ajaran 2021/2022. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Matsama yang dibuka oleh Pengawas Madrasah Kecamatan Lareh Sago Halaban, Harnijon, dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat, 15 dan 16 Juli 2021.

Dalam sambutan pada pembukaan Matsama 2021 ini, Harnijon mengucapkan selamat kepada siswa baru yang telah memilih MTsN 4 Limapuluh Kota sebagai lembaga pendidikan untuk menuntut ilmu.

“Selamat datang kami sampaikan kepada siswa sekalian. Selamat juga atas pilihan ananda kepada madrasah ini. Pilihan yang patut diacungi jempol. Madrasah adalah lembaga pendidikan berbasis Islam. Ananda semua akan ditempa dengan ilmu agama. Semua mata pelajaran di sekolah umum akan ananda pelajari juga di madrasah ini, namun, apa yang dipelajari di sini, tidak semua dipelajari di sekolah umum. Maka berbanggalah ananda semua,” apresiasi Harnijon.

Lebih lanjut, Harnijon menjelaskan, madrasah adalah lembaga pendidikan yang berada di bawah Kementerian Agama. Madrasah adalah corong dan perpanjangan tangan untuk mensukseskan program-program Kementerian Agama.

“Salah satu program strategis Kementerian Agama adalah mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat. MTsN 4 Lima puluh Kota yang hebat bermartabat akan terwujud dengan kerjasama seluruh civitas madrasah ini. Tertompang harapan kepada siswa sekalian untuk menjadi insan yang unggul.”

“Madrasah yang baik akan lahir dari manusianya yang baik. Maka jadilah siswa yang baik, yang berakhlakul karimah. Berakhlaklah baru berilmu, sebagaimana pesan Imam Al Ghazali kepada kita semua. Semoga kita mampu menjadi manusia yang berakhlak dan berilmu, untuk mewujudkan Madrasah Yang Hebat Bermartabat,” tutup Harnijon.

Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, Moh. Arief Hidayat yang mendampingi HArnijon dalam pembukaan Matsama ini menyampaikan selamat datang kepada siswa baru. “Selamat datang kami sampaikan kepada siswa baru. Selamat menikmati suasana pendidikan yang baru. Ikuti segala aturan yang telah ditetapkan di madrasah ini. Dan semangatlah dalam menuntut ilmu,” pesan Arief.

BACA JUGA  Kembangkan Potensi Cagar Budaya, Pemkab Tanah Datar Bersinergi dengan BPCB Sumbar

Arief menyebut, menuntut ilmu di MTsN 4 lima Puluh Kota jangan ada unsur paksaan dari siapapun. “Belajarlah dengan ikhlas. Perbaiki niat bahwa menuntut ilmu itu adalah ibadah. Ingatlah bahwa orang tua ananda sudah berusaha kuat untuk pendidikan ananda semua. Jadikan orang tua itu pusaka yang harus di jaga. Buat orang tua bangga dengan prestasi. Tumbuhkan minat belajar dari diri sendiri,” pesan Arief sebelum mengakhiri sambutan.

Selanjutnya Matsama ini akan diisi dengan berbagai kegiatan pengenalan madrasah untuk siswa baru. Baik sistim belajar, kegiatan ekstra kurikuler, dan berbagai program madrasah yang dapat diikuti siswa.

reporter : SuhaNews editor : Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaGubernur Sumbar: Ketersediaan Pangan Dapat Jaga Imunitas Hadapi Wabah Covid 19
Artikel berikutnyaSidak di Pelabuhan Muara, Penumpang dari Mentawai Tertahan