Matsama MAN 2 Bukittinggi Berjalan Lancar

MAN
Bukittinggi, SuhaNews – Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) di MAN 2 Bukittinggi, yang dilaksanakan selama tiga hari, Rabu-Jumat (13-15 Juli 2022) berjalan lancar.

Matsama merupakan ajang pengenalan lingkungan madrasah terhadap terhadap soswa baru, aik dari segi aturan, budaya madrasah, program madrasah dan lain sebagainya.

Baca juga: Film Surau Tingga produksi MAN 2 Padang Panjang Raih Juara II Tingkat Sumbar

“Agenda hari ketiga diisi dengan pengenalan program ekskul di MAN 2 Bukittinggi,” ujar Waka Kesiswaan.

Terpantau  selama tiga hari ini siswa baru dengan semangat dan antusias mengikuti kegiatan tersebut mulai dari pagi hingga siang hari,” tutur Nelma Hasni selaku waka kesiswaan, Nelma.

Waka Kesiswaan mengatakan bahwa sebanyak 366 siswa baru Tahun Ajaran Baru 2022/2023 yang mengikuti Matsama di MAN 2 Bukittinggi.

Matsama dibuka oleh bapak Kakan Kemenag Kota Bukittinggi dan sekaligus pengalungan kokarde kepada siswa baru. Selain dibuka oleh Kankemenag kota Bukittinggi , pada hari kedua siswa baru juga mengikuti pembukaan Matsama 2022 oleh Kakanwil Kemenag Sumbar  melalui zoom meeting.

“Kita berharap dengan berbagai agenda selama Matsama siswa baru cepat beradaptasi dan berkenalan dengan seluruh civitas akademika di madrasah,” jelas Nelma.

Semoga semua siswa baru juga ingat pesan bapak Kankemenag saat pembukaan hari pertama bahwa semua siswa wajib menjaga nama baik madrasah dimana saja berada.

Melalui pembekalan moderasi beragama siswa madrasah juga harus memiliki toleransi yang tinggi terhadap perbedaan yang ada sehingga kedepannya akan tercipta siswa madrasah yang inteletual moderat,” harap Nelma.

Senada dengan pesan Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, Plt. Kepala MAN 2 Bukittinggi Fadhlina Syarif menyampaikan kepada siswa untuk selalu menjaga nama baik madrasah yang ditunjukkan dalam sikap keseharian baik dalam lingkungan madrasah maupun keluar madrasah.

BACA JUGA  Wako Fadly Amran Beri Kuliah Umum di UMMY Solok

“Siswa mempunyai peran penting dalam mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat,” kata Fadhlina Syarif,

Melalui matsama tahun 2022 ini diharapkan semua siswa baru dapat berbaur dengan cepat dan berinteraksi dengan baik. Sehingga saat pembelajaran minggu depan tidak ada lagi siswa yang canggung dan tidak mengenal lingkungan madrasah.

Matsama tiga hari ini tidak hanya mengenalkan lingkungan fisik madrasah, juga lingkungan sosial seperti kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, kakak kelas dan sesama siswa baru.

“Selamat datang kepada siswa baru dan terima kasih banyak kepada semua panitia pelaksana termasuk OSIM MAN 2 Bukittinggi yang sudah menyiapkan kegiatan Matsama 2022 di MAN 2 Bukittinggi,” tuturnya. (Yuli/Yal)

Baca juga: 256 Peserta MATSAMA MTsN 2 Solok Ikuti Pembukaan Virtual dengan Kakanwil Kemenag Sumbar

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMasuk Asrama, Tangis Haru Warnai Suasana Ponpes Al Kautsar Sarilamak
Artikulli tjetërMU Menang 4-1 atas Melbourne Victory, Suporter Kecam Maguire-Lindelof