Mengenal Tugas Dan Wewenang PPK Berdasarkan PMA 6/2020

Mengenal Tugas Dan Wewenang PPK Berdasarkan PMA 6/2020
Pasaman, SuhaNews – Pejabat Pembuat Komitmen atau yang disingkat PPK merupakan bagian dari Pejabat Perbendaharaan Negara sesuai yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pejabat Perbendaharaan Negara Pada Kementerian Agama. tugas

Wawancara dengan salah seorang PPK Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Winda Hidayati Selasa (23/8) menerangkan tugas dan wewenang jabatan tersebut. Dalam pasal 2, PPK, bersama Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM).

Winda mengatakan khususnya PPK yang diatur dalam pasal 7, PPK itu melaksanakan kewenangan KPA untuk melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja negara.

“Untuk menjabat sebagai PPK itu harus memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa, dan harus mengikuti Diklat keahlian pengadaan barang/jasa paling lambat 6 (enam) bulan)”,terangnya.

Lebih lanjut Wanita berdarah minang itu menjelaskan kewenangan dan tugasnya sebagai PPK dalam melakukan tindakan pengeluaran anggaran belanja negara diantaranya menyusun rencana pelaksanaan kegiatan dan rencana penarikan dana berdasarkan DIPA.
Lalu, menerbitkan surat penunjukan penyedia barang/jasa. Membuat, menandatangani dan melaksanakan perjanjian/kontrak dengan penyedia barang/jasa. Serta mengendalikan perjanjian/kotrak.

“Masih ada beberapa poin tugas dan wewenang PPK yang diatur dalam PMA Nomor 6 Tahun 2020 itu”,tuturnya.

Winda juga menyampaikan PPK melaporkan pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan kepada KPA yang di tubuh Kementerian Agama Kabupaten Pasaman adalah Kepala kantor.Yusuf

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Peduli Covid-19, Koperasi IBI Pasaman Berbagi
loading...
Artikulli paraprakLPM Kelurahan Tanah Lapang Sawahlunto Dinilai Tim Provinsi
Artikulli tjetërKakanwil Minta Kakan Kemenag Segera Tindak Lanjuti Pernyataan Bupati Solok