MIN 1 Solok Gelar Ujian Praktek Ibadah

MIN 1 Solok Gelar Ujian Praktek Ibadah
Solok, SuhaNews. Menjawab kepercayaan orangtua yang menyerahkan pendidikan anaknya ke MIN 1 Solok, secara berkala dilakukan ujian praktek ibadah. Ujian khusus akan diberikan pada siswa kelas VI sebelum mengikuti ujian nasional.

Kepala MIN 1 Solok, Elvi Yoseva kepada SuhaNews mengatakan selain melaksanakan ujian tulis sebagaimana kurikulum 2013, pihaknya juga melaksanakan praktek ibadah bagi seluruh siswa setiap tingkatan.

Ujian Praktek ibadah ini dilakukan untuk mengukur pemahaman siswa akan materi yang diajarkan. Baik melalui kurikulum maupun pelajaran tambahan yang diberikan saat Muhadarah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Baca Juga : MIN 1 Solok Padukan Seni dan Dakwah Dalam Muhadarah

“Ujian praktek ibadah ini rutin dilakukan setiap tahun dan setiap semester'” jelas Elvi.

Untuk siswa kelas 1 sampai kelas 5, materi ujian disesuaikan dengan materi pelajaran masing-masing. Sedangkan untuk siswa kelas VI materinya lebih lengkap karena siswa akan mengakhiri masa belajarnya di MIN 1 Solok.

“Untuk siswa kelas VI materinya wudhu’, Shalat Subuh dan Shalat Jenazah,” tukas Elvi.

Materi ini dipilih karena ini akan menjadi cerminan siswa madrasah ditengah masyarakat. Wudhu’ dapat menjadi cerminan perliaku seseorang dalam menjaga kebersihan. Kemudian shalat Subuh akan menggambarkan kemampuan siswa dalam mengamalkan rukun shalat.

Sedangkan shalat jenazah dengan hukum Fardu Kifayah, diharapkan lulusan madrasah mampu menjadi leaderdi tengah masyarakat saat penyelenggaraan jenazah. Ujian ini berlangsung selama sepekan mulai 16 Maret 2020.

Menutup keterangannya Elvi berharap, lulusan MIN 1 Solok dimanapun melanjutkan pendidikan nantinya memiliki kepribadian muslim dengan pengamalan dan pengetahuan agama yang cukup. Serta menjadi pedoman ditengah masyarajat hendaknya.

reporter : Bai editor : Moentjak

Baca Juga

BACA JUGA  Jelang UJian Nasional, Lokal dan Komputer MTsN 13 Agam Diterjang Banjir

 

Facebook Comments

loading...