Nilai IKM Pelayanan Kantor Camat di Tanah Datar Rata-rata 83,50

139
IKM
Batusangkar, SuhaNews – Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan kantor camat di Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019 rata-rata 83,50 atau baik.

“Ada 9 indikator yang dinilai pada Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan kantor camat,” ujar Kepala Bagian Organisasi Setda Adriyanti Rustam, Senin (6/7/2020) di Batusangkar.

Penilaian IKM ini, ujar Adriyanti Rustam, bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas Tahun 2019.

IKM
Adriyanti Rustam

Adapun hasil penilaian 9 indikator itu, jelas Adriyanti, yakni Persyaratan Pelayanan skor 80,85, Prosedur Pelayanan skor 81,43, Waktu Pelayanan skor 79,79, Biaya tarif dalam pelayanan skor 98,53, Produk/spesifikasi jenis pelayanan skor 80,54.

Selanjutnya, Kompetensi/kemampuan petugas skor 79,33, Perilaku petugas skor 80,13, Penanganan pengaduan skor 91,51, Kualitas sarana dan prasarana skor 79,55.

“Penilaian ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 1 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan,” jelas Adriyanti.

Hasilnya penilaian tahun 2019 akan menjadi evaluasi untuk pelaksanaan tahun 2020. Sehingga layanan publik pada 2020 ini diharapkan lebih baik lagi.

“Penilaian ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat ke depan,” pungkas Adriyanti Rustam.

Reporter: Dajim           Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...